Sejumlah Musisi Yogyakarta Gelar Konser Tribute to Seventeen

TEMPO | 28 Desember 2018 | 08:15 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Sejumlah musikus di Yogyakarta menggelar konser Tribute to Seventeen, pada 29 Desember 2018. Konser ini dilakukan untuk menunjukkan rasa keprihatinan atas musibah tsunami di Selat Sunda yang mengakibatkan korban nyawa dan luka banyak orang, termasuk personel band Seventeen, road nanager dan keluarga grup musik itu.

“Acara ini akan digelar di Titik Nol kilometer, Kota Yogyakarta pada Sabtu, 29 Desember 2018,” kata Ardhi Nurdin selaku Ketua Panitia acara Untukmu Sahabat Tribute to Seventeen, Kamis malam, 27 Desember 2018.

Ia menuturkan, 9 hari menjelang pergantian tahun 2018, Indonesia kembali menghadapi kondisi yang menggetarkan jiwa. Mengejutkan, tsunami datang mendadak di Selat Sunda, khususnya di Pantai Carita, Anyer, Banten, dan Lampung pada Jumat, 22 Desember 2018 pukul 21.27 WIB tanpa adanya tanda dan peringatan sebelumnya.

Dampaknya, Sebanyak 430 orang meninggal dunia, 1.495 luka-luka, 159 orang hilang. Selain itu, ada 21.991 orang mengungsi. Tidak hanya itu saja, masih banyak kerugian fisik yang dialami.

Dari kejadian tersebut, salah satu grup band nasional yakni Seventeen menjadi korban yang kisahnya menyita perhatian publik. Sebab, tiga dari empat personil Seventeen turut menjadi korban meninggal dunia selain para kru dan keluarga mereka. “Sebuah kehilangan besar bagi Indonesia, khususnya dalam kancah musik nasional,” kata dia.

Demi mengenang karya Seventeen Band dan mendoakan para korban tsunami di Selat Sunda, “Jogja Berbakti” sebagai sebuah organisasi sosial di Kota Yogyakarta, terketuk untuk menginisasi sebuah acara silaturahmi musisi asal Yogyakarta bertajuk “Untukmu Sahabat: Tribute to Seventeen”.

Acara ini digelar bermula ketika Ardi dan rekan Jogja Berbakti datang di takziah Bani (gitaris Seventeen). Disana mereka bertemu beberapa rekan musisi, lalu tergerak untuk membuat konsep acara sederhana untuk mendoakan.

Deretan musisi yang terlibat dalam acara ini antara lain DGYK (Drummer Guyup Yogyakarta), Cah Nyanyi Yogyakarta, Dexter Band, Laf, Megahit, Shakey, Jikustik, JHF (Jogja Hiphop Foundation), Jasmine Elektrik, Istana Band Featuring Doni & Yudhi Eks vokalis Seventeen.

“Silaturahmi ini akan dimulai sejak pukul 14.30 hingga 22.00 WIB. Rangkaian acara akan diisi dengan penampilan dari masing-masing musisi dan pengisi acara yang dipandu oleh beberapa MC antara lain Alit Jabangbayi, Doni, Gundhi, Ofix, Kuncung, Afgandos, serta Anang Batas,” kata Ardhi.

Di sela acara, juga akan ditayangkan testimoni dari rekan dan sahabat Seventeen, juga penggalangan dana yang didukung oleh BNI 46 dari masyarakat Indonesia, khususnya Yogyakarta. Hasil dari penggalangan dana selanjutnya akan disampaikan kepada keluarga para personil Seventeen yang meninggal dunia dan para korban terdampak tsunami di Selat Sunda.

Dukungan dan bantuan dari berbagai pihak turut meramaikan kegiatan ini. Salah satunya dari Istana Kepresidenan Yogyakarta yang memfasilitasi jalannya acara. “Ini merupakan kegiatan positif yang perlu untuk mendapat dukungan dari pemerintah melalui Istana Kepresidenan Yogyakarta,” ungkap Saifullah selaku Kepala Istana Kepresidenan Yogyakarta.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait