Menteri Bintang Puspayoga Sebut 5 Tantangan Yang Dihadapi Perempuan Indonesia

Yoga Prakoso | 1 Oktober 2021 | 00:03 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI, I Gusti Ayu Bintang Darmawati, S.E, M.Si atau Bintang Puspayoga menyebut Presiden Joko Widodo memberi lima arahan prioritas terkait pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak periode 2020 hingga 2024. Salah satunya pemberdayaan ekonomi wanita sebagai hulu berbagai persoalan perempuan. Hal ini bisa memperkuat relasi kuasa dengan laki-laki, sehingga kaum hawa tidak terjebak dalam lingkar kekerasan dan kemiskinan.

Ini disampaikannya dalam webinar “Pentingnya Kepemimpinan Perempuan dalam Sektor Publik dan Privat,” Kamis (30/9/2021), hasil kolaborasi Kementerian PPPA, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata), dan Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI). Bintang Puspayoga lalu menyebut saat ini wanita Indonesia menghadapi lima tantangan. “Berbagai tantangan masih dihadapi para perempuan di Indonesia seperti diskriminasi, stigmatisasi, marginalisasi, subordinasi dan bahkan kekerasan,” terangnya.

Karenanya akses, partisipasi, kontrol dan manfaat perlu diperluas agar perempuan bisa berkontribusi dalam pembangunan dan menjadi bagian solusi berbagai tantangan hidup. Plt. Deputi Bidang Partisipasi Masyarakat Kementerian PPPA, Indra Gunawan, menambahkan pihaknya, XL Axiata, dan IWAPI menjadi focal point dalam mempromosikan pentingnya kepemimpinan perempuan dalam dunia usaha melalui G20 EMPOWER. Menurutnya, inisiatif kesetaraan gender perlu mendapat perhatian khusus dari berbagai perusahaan serta pemerintahan secara global maupun nasional.

Presiden Direktur dan CEO XL Axiata, Dian Siswarini, pun mendukung hal ini. Salah satunya dengan perekrutan karyawan tanpa diskriminasi gender. Bahkan, ada program bimbingan khusus bagi talenta perempuan yang berpotensi besar. “Selain itu, 30 persen posisi leader dipegang perempuan. Karyawan perempuan pun menjadi lebih loyal, di mana mereka yang pindah ke perusahaan lain lebih sedikit jika dibandingkan dengan karyawan pria,” urainya.

Penulis : Yoga Prakoso
Editor: Yoga Prakoso
Berita Terkait