Tanggapan Amitabh Bachchan Setelah Namanya Disebut dalam Dokumen Panama Papers

TEMPO | 7 April 2016 | 08:45 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Amitabh Bachchan bantah memiliki hubungan dengan perusahaan offshore di Panama seperti terungkap dalam Panama Papers.

Sebelumnya, The Indian Express melaporkan Bachchan diangkat sebagai direktur di empat perusahaan offshore pada 1993, yang terdaftar di Kepulauan British Virgin dan Bahama.

“Ia dan aktris Bollywood Aishwarya Rai adalah dua dari orang 500 India yang tercantum di dalam Panama Papers,” kata The Indian Express. Penasihat Rai juga mempertanyakan keaslian dokumen.

Bachchan, menurut The Indian Express, enggan berkomentar terkait dokumen tersebut. Namun, dia menyangkal keterlibatannya dalam perusahaan offshore tersebut.

"Saya tidak pernah menjadi direktur salah perusahaan yang dinyatakan dalam dokumen. Ada kemungkinan bahwa nama saya telah disalahgunakan," kata Bachchan.

"Saya juga membayar semua pajak, termasuk pada uang yang saya habiskan di luar negeri sesuai dengan hukum, termasuk pengiriman uang melalui Liberalised Remittance Scheme (LRS), membayar pajak di India." 

Menurut dia, pemberitaan di Indian Express bahkan tidak menyarankan ilegalitas apapun pada bagiannya.

Aktor Bollywood Amitabh Bachchan adalah satu dari tiga jajaran tokoh sinema India yang menempati daftar sepuluh aktor terkaya di dunia tahun 2015 versi majalah Forbes. Bachchan, 72 tahun, menempati posisi tujuh dengan pendapatan US$ 33,5 juta.

Baca: Panama Papers Itu Apa Sih?

The Indian Express juga melaporkan bahwa Aishwarya Rai dan keluarganya ditunjuk sebagai direktur sebuah perusahaan yang didirikan di British Virgin Islands pada 2005.

Perusahaan ini dibubarkan pada 2008. Penasihat Rai mengatakan kepada surat kabar itu bahwa, "semua informasi yang Anda miliki adalah sama sekali tidak benar dan palsu".

TEMPO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait