Rina Nose Jadikan KALIMAT YANG HILANG Untuk Jelaskan Isu Pindah Agama dan Atheis

Ulfa Gusti Utami | 29 November 2017 | 18:10 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Rina Nose menjadi sorotan lantaran keputusannya untuk melepas hijab. Tak hanya itu, ada sebuah unggahan di Instagram Rina Nose yang membuat publik berasumsi dan menyangkutpautkan jika Rina melepas hijab lantaran memilih untuk menjadi atheis.

Hal itu bermula ketika pada Agustus lalu Rina Nose mengunggah foto yang keterangannya membahas soal masyarakat Jepang yang bisa hidup damai meski kebanyakan dari mereka tak memiliki agama atau kepercayaan.

"Satu hal lain yang menarik perhatian saya, ketika saya menemukan beberapa penduduk asli yang tiba-tiba ingin memeluk suatu kepercayaan. Kemudian saya bertanya, kalau hidupmu sudah sebaik ini tanpa agama, lalu kenapa kamu ingin mencari Tuhan dan ingin memiliki agama?" begitu sebagian tulisan Rina yang kemudian menjadi kontroversi.

Rina Nose lantas memberikan penjelasan tentang unggahan tersebut melalui video yang diunggahnya ke Youtube. Dalam video yang diunggah Rina, Selasa (28/11) itu, ia mengaku bahwa ada bagian yang hilang dari tulisan atau caption yang dibuatnya.

"Ada satu hal yang perlu saya tanggapi yaitu soal kalimat saya di Instagram yang menjadi sorotan. Yaitu tulisan saya tentang Jepang, kebudayaannya dan juga kepercayaannya. Ini yang saya gak tahu apakah mereka memang sengaja memotong isi dari postingan saya itu atau gimana saya juga nggak tahu. Akhirnya persepsi orang jadi jauh dari maksud sebenarnya di tulisan yang saya posting itu," ujar Rina dalam videonya.

"Memang sudah saya hapus postingannya. Karena belakangan postingan itu yang jadi heboh. Karena waktu dulu saat saya posting, sekitar 2 bulan lebih yang lalu, tidak ada reaksi seperti sekarang ini." tambah Rina menjelaskan.

Dalam video, Rina Nose kembali menegaskan bahwa keteranagan yang dibuatnya itu adalah salah satu bentuk promosi untuk acara yang dibawakannya. Di mana pada episode itu ia akan akan membahas tentang kehidupan masyarakat Jepang. Rina lantas membacakan kembali tulisan secara utuh, sama seperti pertama kali ia mengunggahnya untuk promosi acara tersebut.

"Satu hal lain yang menarik perhatian saya ketika saya menemukan beberapa penduduk asli yang tiba-tiba ingin memeluk suatu kepercayaan. Kemudian saya bertanya, kalau hidupmu sudah sebaik ini tanpa agama, lalu kenapa kamu ingin mencari Tuhan dan ingin memiliki agama? Mau tau jawabannya, saksikan lalalala segera. Itu aslinya," ujar Rina membacakan tulisan sebenarnya.

"Jadi, kalimat yang saya posting itu kalimat tentang pertanyaan saya itu adalah salah satu bagian dari konten acara tersebut. Nah itu tuh episode memang tema Jepang, spesial Jepang. Di segmen itu yang ada dialog sesi wawancara antara aku dan orang Jepang penduduk asli yang baru memeluk Islam. Nah, di segmen itu ada dua orang laki-laki yang mualaf yang melakukan dialog bersama saya. Dua orang ini awalnya tidak beragama dan sekarang mereka dua-duanya adalah seorang muslim. Jadi kalimat itu sebenarnya semacam sinopsis untuk acara yang saya bawakan, itu aja."

Pada akhir video, Rina Nose mengaku bahwa ia tak berniat untuk melakukan klarifikasi. Ia hanya berusaha memberi penjelasan jika ada kata yang sengaja dihilangkan atau di potong dari keterangan yang dibuatnya pada Agustus lalu. Dan itu menjadi heboh lanataran di sangkut pautkan dengan keputusannya untuk melepas hijab.

"Di video ini saya bukan mau klarifikasi. Jadi saya mau menunjukkan postingan asli saya aja. Biar semua orang pada tahu. Jadi untuk pikiran orang yang seperti apa, saya tidak bisa mengendalikan pikiran orang juga. Kalo nanti setelah ini anggapan orang bagaimana, itu bukan kuasa saya. Poinnya dari video ini adalah, saya hanya ingin menunjukan kalimat saya yang hilang," tutup Rina mengalhiri video tersebut.

(gst/ray)

Penulis : Ulfa Gusti Utami
Editor: Ulfa Gusti Utami
Berita Terkait