Menarik, Seleksi Mandiri UPN Jakarta Jalur Prestasi Ada untuk Youtuber

TEMPO Jumat, 14 Juni 2019 23:30:36
Ilustrasi (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta menggelar seleksi penerimaan mahasiswa baru program sarjana (S1) melalui jalur akademik dan prestasi, dan menariknya untuk jalur prestasi, ada jalur khusus untuk YouTube Content Creator atau Youtuber.

Hugeng Budianto, bagian Humas UPNVJ membenarkan adanya jalur prestasi untuk Youtuber dengan minimal 10.000 subscriber. "Iya benar, kriterianya nanti memang sedang proses dibuat, tapi tidak semata-mata jalur prestasi itu kita lihat subcribernya saja. Karena ada satu kompenen yang harus dilihat adalah nilai UTBK-nya," ujar Hugeng kepada Tempo melalui telepon, Jumat, 14 Juni 2019.

Pendaftaran seleksi mandiri UPNVJ akan dimulai pada 7-16 Juli 2019. Untuk pengumuman hasil kelulusan seleksi mandiri tersebut akan diumumkan pada 23 Juli 2019. Selain jalur khusus untuk YouTube Content Creator, jalur prestasi juga diadakan untuk beberapa bidang, seperti prestasi bidang olimpiade sains, olahraga dan seni peringkat 1–3 tingkat kabupaten/kota, Provinsi, Nasional, dan Internasional 3 tahun terakhir. UPN juga menerima Hafiz Al-Quran minimal 5 juz dan Ketua OSIS selama sekurangnya satu periode.

"Itu untuk S1, sepertinya tidak semua fakultas atau prodi yang menggunakan jalur Youtuber, informasi dari panitia baru seperti itu. Jurusannya apa saja kami belum dapat updatenya, memang itu dari panitia seleksi, sementara memang itu dulu, kami belum dapat kriterianya, belum sampai ke bagian humas," kata Hugeng.

Hugeng menambahkan, intinya penilaian bukan saja dari sisi prestasinya, tapi juga dari nilai hasil UTBK yang sudah berlangsung. "Namun, kemungkinan ada tesnya, kayak hafidz juga mungkin ada tesnya, dan Youtuber-kan ada kontennya, jadi tidak sembarang konten yang kita terima," tutur Hugeng. 

Seluruh perguruan tinggi negeri saat ini sedang menjalani proses Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) untuk mahasiswa baru, setelah sebelumnya melakukan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). "Semua proses sudah ada ketentuannya dari panitia pusat untuk SNMPTN dan SBMPTN. Kebetulan ada persentasi untuk jalur mandiri, nah kita yang membuat ketentuan itu. Kuota sudah ditentukan, tinggal UPN sendiri yang menetapkan (kriteria)," kata Hugeng.

TEMPO.CO

Penulis TEMPO
Editor Suyanto Soemohardjo
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore
YANG INI LEBIH HEBOH
loading...
KOMENTAR
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi tabloidbintang.com. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.