Diminta Jokowi Jadi Saksi Pernikahan Kahiyang, Ini Kata Jusuf Kalla

TEMPO | 1 November 2017 | 06:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta Wakil Presiden Jusuf Kalla menjadi saksi utama dalam pernikahan putrinya, Kahiyang Ayu. Permintaan itu disampaikan Jokowi saat berkunjung ke kediaman Kalla pada Selasa lalu.

"Saya merasa terhormat diundang untuk menjadi saksi utama dari perkawinan putri beliau," kata Jusuf Kalla di Kantor Wapres, Jakarta, Selasa (31/10).

Menurut Jusuf Kalla, setiap orang yang hadir dalam akad nikah adalah saksi. Namun, saksi utama hanya dua, masing-masing satu dari mempelai perempuan dan laki-laki. Saksi utama juga akan menandatangani dokumen dalam proses akad nikah. Selain Jusuf Kalla, saksi utama dari mempelai lelaki adalah Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution.

Kalla mengatakan sebagai saksi utama, dirinya akan memastikan kebenaran lafaz ijab dalam akad nikah yang diucapkan mempelai lelaki. "Penghulunya tanyakan ke kita, sah atau tidak. Belum pernah saya bilang tidak," ungkapnya.

Jokowi berkunjung ke kediaman dinas Wapres di Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat didampingi Iriana Jokowi serta Kahiyang Ayu. Sementara Kalla didampingi Mufidah Jusuf Kalla. Pertemuan itu berlangsung sekitar 30-40 menit.

Kahiyang Ayu bakal melangsungkan akad nikah dengan Muhammad Bobby Afif Nasution pada Rabu, 8 November 2017. Akad pernikahan yang dilanjutkan dengan resepsi akan berlangsung di Solo, Jawa Tengah. Resepsi juga akan dilangsungkan di Medan pada 24,25, dan 26 November. Jumlah undangan mencapai 8 ribu lembar yang berasal dari berbagai lapisan masyarakat, mulai dari pejabat, masyarakat, hingga para relawan.

Saat bertemu dengan Kahiyang, Kalla menyampaikan selamat atas rencana pernikahan tersebut. Saat ditanyakan apakah ada kado khusus, Kalla menjawab persoalan itu menjadi urusan istrinya.

"Itu biasalah, itu urusan ibu-ibu itu," kata Kalla. Dia mengatakan hampir setiap pekan istrinya berurusan soal kado pernikahan. Dia sendiri tak tahu apa kado yang akan diberikan pada pernikahan Kahiyang-Bobby.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait