Oscar Lawalata Sebut Dorce Gamalama Sebagai Wanita Terhormat

Supriyanto Kamis, 17 Pebruari 2022 23:59:47
Dorce Gamalama meninggal dunia pada Rabu (16/2). (Supriyanto/tabloidbintang.com)

TABLOIDBINTANG.COM - Oscar Lawalata ikut berduka atas meninggalnya Dorce Gamalama pada Rabu (16/2) pukul 07.30 di RS Pertamina Simprug, Jakarta Selatan. Melalui akun Instagram miliknya, Oscar mengungkap rasa dukanya kepada artis serba bisa yang meninggal karena Covid-19 di usia 58 tahun itu.

"Rest In Peace Bunda Dorce," buka Oscar Lawata di akun @oscarlawalata pada Rabu (16/2) malam.

Sebagai publik figur sesama transgender, Oscar Lawalata juga menyinggung soal pandangan masyarakat soal wasiat dari almarhum Dorce agar jenazahnya dimakamkan sebagai wanita.

Meski tidak terang-terangan, kakak Mario Lawalata itu menganggap bahwa Dorce Gamalama adalah wanita terhormat.

"Biar saja mereka bisa berbuat apapun yang mereka mau, tapi jiwa Bunda Dorce tidur tenang Sebagai Wanita Terhormat," tulis Oscar Lawalata.

Dalam unggahannya itu, Oscar Lawalata memasukan lagu Emily Watts berjudul "La Vie En Rose" dalam ucapan belasungkawanya.

"Rest In Peace Bunda Dorce #kemanusiaan #moral #cintakasih," tulis Oscar melalui caption.

Postingan Oscar Lawalata untuk Dorce Gamalama langsung mendapat respon dari warganet dan juga rekan sesama selebriti.

"Amen!" tulis Dena Rachman yang juga seorang transegder.

"Kak, mata ku ngembeng bacanya, rest in love buat bunda dorce," kata netizen.

"Bunda Dorce paved the ways for so many, may she rest in peace. her continue the humanitarian works ka, you're also a good role model for our society," timpal warganet lainnya.

Dorce dipastikan meninggal karena keganasan Covid-19 dengan disertai komorbid atau peyakit bawaan. Ia memiliki riwayat penyakit gula darah terlalu rendah atau hipoglikemia. Dorce juga menderita demensia alzheimer. Di mana, daya ingatnya berkurang dan sering kali mengalami kebingungan.

Dorce saat menjadi bintang tamu di channel YouTube Boy William mengatakan soal keginan dimakamkan sebagai perempuan. Menurutnya dirinya selama hidup dihabiskan sebagai seorang wanita.

Dorce juga mengaku telah meninggalkan pesan ke anak dan menyiapkan tempat peristirahatan abadinya dengan kain kafan yang juga sudah disiapkan.

Dorce Gamalama terlahir sebagai seorang laki-laki bernama Dedi Yuliardi Ashadi di Solok, Sumatera Barat pada 21 Juli 1967. Nama panggung Dorce diberikan oleh Myrna pemimpin kelompok tari waria Fantastic Dolls.


Penulis Supriyanto
Editor Ari Kurniawan
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore