Billy Syahputra: Gagal Diet Lagi, Gagal Diet Lagi…

Vallesca Souisa | 16 Juni 2018 | 19:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Billy Syahputra (27) mengakui kelebihan berat badan. Biasanya bobotnya berkisar antara 78-79 kg, menjelang Ramadan melonjak menjadi 88 kg. Setelah dua minggu berpuasa, hati Billy sedikit senang, timbangannya bergeser sedikit ke angka 86 kg.

Namun tak yakin bisa bergeser lebih banyak lagi. Terlebih selepas Idul Fitri, adik Olga Syahputra ini merasa bakal kembali ke kebiasaan makannya yang jumbo, mencampur karbohidrat dengan karbohidrat dalam porsi besar. Lalu kapan kurusnya? 

Padahal 3 tahun lalu cowok kelahiran 16 Januari 1991 ini mendambakan tubuh ramping. Walhasil teman-teman artis pun mulai usil meneriaki, “Billy, lo gendut banget! Lo lebar banget!” 

“Aku selalu menjawab, iya, nanti mulai Senin gue mau diet. Setiap kali dikomentari gendut, aku terus bilang bakal diet mulai Senin. Dari tahun ke tahun Senin melulu. Hari Senin berlalu, Bang Billy bilang, ya Senin depan. Eh, sampai hari ini diet enggak sukses-sukses,” seloroh Billy.

Sekalinya berdiet paling lama bertahan 2 hari. Itu rasanya sudah setengah mati. “Ya ampun, rasanya tersiksa. Aku sudah kayak cacing kepanasan, gelisah, grasak-grusuk. Bang Billy memang enggak bisa dibatasi soal makanan. Sudah dari sananya aku doyan makan. Lain halnya puasa, ini ibadah. Sudah kewajiban. Itu juga biasanya pas buka makannya banyak lagi,” ungkap Billy. 

Sudah kebiasaan pembaca acara Sketsa (Trans TV) ini mengonsumsi nasi sehari 4 kali dengan beragam lauk, tapi minim sayur. Nasi seperti hal paling hakiki dalam kehidupannya. “Enggak ada nasi, artinya enggak makan. Dari remaja aku sudah doyan makan. Meski begitu semasa SMP-SMA, sih badan kurus. Nah, sekarang lebar banget kayak kandang ayam,” celoteh Billy. 

Dahulu mau makan sebanyak apa pun, timbangan tetap stabil karena semasa remaja Billy aktif bermain bola. Sekarang, waktunya tersita untuk syuting dari satu acara ke acara lainnya. Sekalinya ada waktu senggang, Billy memilih beristirahat atau bersantai.

“Makan tetap banyak. Nasi bisa sepiring dan bisa menambah lagi. Lauknya macam-macam dan biasanya ada gorengan, kerupuk, sambal. Sudah begitu, enggak diimbangi dengan olahraga. Jadi badanku melar banget,” bebernya.   

Billy menunjukkan kepada kami menu pilihannya saat santap siang beserta takaran porsi makannya. Di atas meja makan, tersedia tumis oncom leunca, mi goreng, semur jengkol, rendang, teri balado, gorengan tempe dan tahu, kerupuk, serta sambal. Ini semua hidangan favoritnya, selain pecel lele.

“Kadang aku mencampur nasi dengan mi instan—direbus dan ditambahkan telur—atau nasi dengan mi goreng. Nasi memakai kuah mi itu buatku nikmat. Ini hobiku, mencampur karbohidrat dengan karbohidrat,” papar Billy. 

Dengan pola makan demikian, disadarinya sulit menyusutkan bobot tubuh. Dari yang tadinya stres melihat angka timbangan terus menanjak, lama-lama Billy cuek. Tidak lagi menargetkan kurus. Yang penting para produser TV tidak komplain dan ia tetap percaya diri. “Untungnya, aku memang bukan model atau pemain sinetron yang fisiknya harus sempurna,” tukas Billy.

Terkadang penggemar berceloteh melalui media sosial. “Bang Billy, kurusin sedikit, dong badann, kegemukan, tuh,” Billy menuturkan salah satu komentar penggemar. 

“Lama-lama dikomentari gendut, gemuk, jelek, bodoh amatlah. Aku pikir, kita mencari uang, kan untuk kebutuhan kita, salah satunya makan. Ya sudah, selagi aku bisa makan, ya makan. Lagi pula (bobotku) enggak berpengaruh

(val / gur)

Penulis : Vallesca Souisa
Editor: Vallesca Souisa
Berita Terkait