Pesantren Pertama di Amerika Serikat Dibangun Dekat Pusat Kota New York

Abdul Rahman Syaukani | 20 Januari 2018 | 01:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Berkat komunikasi yang terjalin antara imam di Islamic Center of New York, Muhammad Syamsi Ali dan penyanyi religi Opick, disepakati untuk membangun pesantren pertama di Amerika Serikat.

Pesantren yang diberi nama Pesantren Nusantara Madani itu akan dibangun di atas tanah seluas 7,4 hektar. Pesantren ini bakal memakan dana cukup besar hingga jutaan USD.

"Awalnya ini Mualaf Centre,akan dibangun pesantren seperti di Indonesia," ucap Opick kepada awak media di Hotel Sultan, Jakarta, Kamis (18/1).

Oki Setiana Dewi memberikan dukungan penuh untuk pembangunan pesantren ini. Dia pun sempat berbincang secara langsung dengan inisiatornya, Syamsi Ali. Menutut penuturan Oki, Pesantren Nusantara Madani bakal dibangun tak jauh dari pusat kota new York.

"Sempat bicara sama ustadz Shamsi Ali.  Saya berharap bisa melihat langsung bagaimana sistem pendidikan yang dibangun di pesantren di sana. Karena pesantrennya 1,5 jam dari New York," ungkap Oki Setiana Dewi.

Pesantren Nusantara Madani bertujuan memperkenalkan Islam yang toleran dan anti kekerasan  ke publik Amerika dimana Islam menjadi minoritas di sana. Keberadaannya yang dekat dengan pusat kota New York, dinilai dapat mengangkat Islam toleran seperti diterapkan di pesantren-pesantren di Indonesia.

"New York kan pusat dunia, semuanya mengarah ke New York. Jadi kalau kita punya pesantren Indonesia yang ada di New York ini merupakan syiar Islam Indonesia yg toleran," tandas Oki Setiana Dewi.

(man / gur)

Penulis : Abdul Rahman Syaukani
Editor: Abdul Rahman Syaukani
Berita Terkait