Bebas Jalan Rusak, Pemudik Lebaran Disarankan Lewat Ini

TEMPO | 17 Mei 2019 | 09:45 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Para pemudik diLebaran 2019 disarankan untuk menggunakan jalur pantai utara (pantura) Kabupaten Tuban. Pasalnya selain tak dilalui kendaraan berat, jalur sepanjang 60 kilometer itu juga bebas jembatan rusak dan jalan beraspal yang relatif terawat.

Dinas Perhubungan Kabupaten Tuban kini telah mengoptimalkan penjagaan dan perawatan jalur pantura. Mulai dari perbatasan Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, tepatnya di Kecamatan Bancar, Tuban, hingga di Kecamatan Palang, yang berbatasan dengan Kecamatan Brondong, Kabupaten Lamongan.

Jalan Daendles tersebut, sebelum memasuki H-7 Lebaran, jalan-jalan berlubang dan bergelombang telah direhab. Pekerja diproyeksikan membenahi dan mengontrol jalan rusak untuk ditutup dan diaspal. ”Kita berupaya jalan aspal di pantura standar,” ucap Kepala Dinas Perhubungan Tuban, Mudji Slamet, Kamis, 16 Mei 2019.

Selain itu, kata Mudji Slamet, jalur Pantura Tuban juga dijamin tidak ada jembatan rusak. Dia mencontohkan, untuk mudik tahun sebelumnya yaitu tahun 2015 dan 2018 ada jembatan ambrol dan rusak. Penyebabnya selain karena padatnya lalu lintas juga volume kendaraan berat yang melebihi kapasitas.

Ia mencontohkan, Jembatan Cincim tepatnya di Kecamatan Widang, yang berbatasan dengan Kecamatan Babat, Lamongan pada April 2018 lalu. Kemudian Jembatan Karangdowo, Kecamatan Jenu. Juga Jembatan Bogorkerep dan Jembatan Boncong, keduanya di Kecamatan Bancar. Tetapi, empat jembatan tersebut semuanya telah selesai diperbaiki. ”Jembatan rusak kita jamin sudah tidak ada,” kata Mudji Slamet.

Pihak Dinas Perhubungan juga telah berkoordinasi dengan Kepolisian Resort Tuban, terkait larangan untuk kendaraan berat pada H-7 dan H+7. Yaitu kendaraan berat yang melintas di jalur pantura. Tetapi ada prioritas kendaraan pengangkut sembako, gas dan juga makanan ternak. Baik itu ternak ikan maupun unggas.

Jadi, ucap Mudji Slamet, diharapkan para pemudik Lebaran yang melintas di jalur utara untuk melewati Tuban. Selain karena dalam beberapa tahun terakhir, mudik di Pantura Tuban, lalu lintasnya relatif tidak ramai. ”Lewat Tuban saja,” katanya.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait