Jelang Piala AFC, Indra Sjafri Minta Turnamen Mini untuk Timnas U-19

TEMPO | 9 September 2018 | 10:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Pelatih Timnas U-19 Indonesia Indra Sjafri telah meminta bantuan PSSI untuk membantu mencarikan klub-klub untuk menggelar uji coba dalam bentuk turnamen mini atau mini tournament sebelum timnya menjalani laga Piala AFC U19 pada Oktober 2018 nanti.

Indra menuturkan pada tanggal 21-27 September 2018 akan memboyong Timnas U-19 ke Jakarta untuk mengikuti beberapa mini tournament yang disiapkan itu.

"Mini tournament ini untuk simulasikan secara persis bagaimana calon lawan yang dihadapi Timnas U19 saat Piala AFC digelar, " ujar Indra di Yogyakarta Sabtu 8 September 2018.

Seperti diketahui, dalam turnamen AFC U-19 nanti, Timnas U-19 berada di grup A. Di grup itu terdapat negara negara seperti Uni Emirat Arab, Qatar, dan Taiwan. Skuad Garuda Muda sendiri tampil pada laga pembuka melawan Taiwan pada 18 Oktober 2018.

Indra mengatakan pihaknya juga sudah membicarakan rencana mini tournament ini pada PSSI agar membantu mencarikan klub yang karakternya bisa mewakili gambaran lawan Timnas U-19 saat Piala AFC. Hal ini agar Timnas juga bisa menerapkan strategi, taktik, dan teknis yang perlu disiapkan jauh hari.

"Jadi memang harus tahu bagaimana ketika Timnas lawan Qatar, Uni Emirat Arab, atau Taiwan dengan cara ujicoba melawan klub yang karakternya mirip calon lawan itu," ujar Indra.

Indra mengaku tak mau kecolongan saat menjalani Piala AFC para punggawa Garuda Nusantara tak berkutik karena buta kekuatan lawan. Satu persatu pemain pun dipoles kemampuannya dan adaptasinya dalam tim.

"Kami akan simulasi satu persatu itu siapa dan bagaimana calon lawan Indonesia, maka kami pinta PSSI cara lawan mirip mereka (penghuni Grup A Piala AFC)," ujar Indra.

Indra mengakui tak cukup hanya menggelar simulasi demi tahu calon lawan anak asuhnya menghadapi Piala AFC. Ia juga mempelajari rekaman video seluruh calon lawan.

Senyampang dengan menggelar mini tournament itu, pihaknya juga mulai mengevaluasi bagaimana kondisi 30 pemain yang mengikuti pemusatan latihan di Yogya.

"Setelah mini tournament di Jakarta kami akan seleksi pemain hingga jumlahnya tinggal 23 orang untuk didaftarkan ke Piala AFC pada 8 Oktober," ujar Indra.

Hanya saja, Indra memastikan tak akan langsung mencoret besar-besaran sekaligus siapa pemain yang dicoret. Indra lebih dulu akan merampingkan pemain Timnas U-19 yang ikut pemusatan latihan itu dari 30 menjadi 28 orang. Baru setelah itu dievaluasi lagi menjadi 23 pemain.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait