Kolabirasi Penyanyi 3 Generasi di Soundtrack Film Bumi Manusia

Ari Kurniawan | 26 Juli 2019 | 07:15 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Hanung Bramantyo selaku sutradara awalnya tidak menginginkan adanya soundtrack di film Bumi Manusia. Hanung tidak ingin keberadaan soundtrack mengurangi "kesakralan" filmnya, yang diangkat dari karya sastra legendaris Pramoedya Ananta Toer.

Tapi pemikirannya berubah setelah mendengar lagu Ibu Pertiwi, yang ditulis oleh Ismail Marzuki. "'Ibu Pertiwi' ini terasa pas, karena ini karya sastra terbaik makanya kami memang ingin memberikan yang terbaik," kata Hanung Bramantyo, dalam jumpa pers di Studio Salihara, Jakarta Selatan, Kamis (25/7). 

Lagu Ibu Pertiwi, dinilai Hanung Bramantyo, memiliki lirik yang cukup mewakili cerita film Bumi Manusia. Lebih dari itu, lagu tersebut juga dia anggap memiliki suara yang sama dengan novel karya Pram, yakni suara tentang Indonesia. 

"Saya merasa Bumi Manusia mood-nya tentang Ibu Pertiwi yang sedang bersusah hati karena hukumnya sangat rasis, pribumi diperlakukan diskriminatif," Hanung Bramantyo menjelaskan.

Soundtrack Bumi Manusia dipercayakan kepada tiga penyanyi, yang masing-masing mewakili generasi berbeda. Yakni Iwan Fals, Once Mekel, dan Fiersa Bestari. Sementara, proses aransemen dilakukan oleh komposer kenamaan Purwacaraka. 

Once Mekel mengakui bukan hal yang mudah untuk membawakan ulang lagu Ibu Pertiwi. Tapi, kehadiran Iwan Fals dan Fiersa membuatnya cukup merasa tenang. 

"Saya juga kaget, kok lagunya agak berat juga yang harus saya nyanyikan. Tapi kalau nyanyi dengan Iwan Fals sih aman ya. Ini jadi kekuatan lagi, menggabungkan beberapa karakter vokal dalam satu lagu," bilangnya. 

Film Bumi Manusia rencananya tayang di seluruh bioskop Indonesia mulai 15 Agustus 2019. Film produksi Falcon Pictures ini dibintangi Iqbaal Ramadhan dan Mawar Eva De Jongh.

(ari)

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait