Black Panther Catat 5 Rekor Box Office Baru di Amerika

Andira Putri | 19 Februari 2018 | 17:40 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Film Black Panther sukses mencetak sejarah di Amerika Serikat sejak tayang pada Jumat (16/2) kemarin. Tidak tanggung-tanggung, Black Panther mampu menorehkan lima rekor baru.

Pencapaian Black Panther berhubungan dengan angka box office. Film ini sudah mengumpulkan pendapatan 192 juta Dollar (sekitar 2,6 triliun Rupiah) selama tiga hari tayang di Amerika Serikat. 

Apa saja rekor baru yang berhasil diciptakan Black Panther? Berikut daftar yang dirangkum berdasarkan data Forbes dan New York Times pada Minggu (18/2):

1. Masuk Daftar Film Berpendapatan Debut Tertinggi Sepanjang Masa

Black Panther langsung merangsek naik ke tangga box office Amerika Serikat. Bahkan Black Panther menduduki posisi kelima film dengan pendapatan debut tertinggi sepanjang masa. Posisi teratas ditempati Star Wars: The Force Awakens disusul oleh Star Wars: The Last Jedi, Jurassic World, dan The Avengers.

2. Pendapatan Debut Tertinggi di Februari

Black Panther juga memiliki pendapatan debut tertinggi di bulan Februari. Black Panther menggeser film superhero lain, yaitu Deadpool yang sebelumnya menjuarai daftar tersebut. Deadpool debut dengan angka 132.4 juta Dollar (sekitar 1,7 triliun Rupiah) pada Februari 2016.

3. Pendapatan Debut Film Superhero Solo Tertinggi

Black Panther tidak mengalahkan Deadpool dalam satu daftar saja. Masih ada daftar kedua yang berhubungan dengan pencapaian film superhero di tangga box office.

Black Panther sukses menduduki posisi teratas film superhero solo dengan pendapatan debut tertinggi sepanjang masa. Posisi ini sebelumnya diduduki oleh Deadpool.

4. Pendapatan Debut Film Non Sekuel Tertinggi

Black Panther mampu mendobrak dominasi sekuel di tangga box office Amerika Serikat. Black Panther resmi menjadi film non sekuel dengan pendapatan debut tertinggi sepanjang masa. 

Black Panther memang film pertama yang memasang sang superhero sebagai pemeran utama. Meski begitu, sosoknya sudah pernah diperkenalkan dalam film Captain America: Civil War tahun 2016.

5. Film Kulit Hitam Berpendapatan Tertinggi Sepanjang Masa

Rekor terakhir Black Panther sebenarnya tidak terbatas di Amerika Serikat saja. Tetapi, pencapaian ini juga berlaku di seluruh dunia. 

Black Panther mampu menjadi film yang digarap oleh sutradara (Ryan Coogler) serta pemain kulit hitam berpendapatan tertinggi sepanjang masa. Sebelumnya, posisi ini diraih Straight Outta Compton dengan total pendapatan 214 juta Dollar (sekitar 2,9 milyar Rupiah) di seluruh dunia tahun 2015.

Penulis : Andira Putri
Editor: Andira Putri
Berita Terkait