Agar Tidak Ikut Gila, Seperti Ini Cara Terbaik Menghadapi ODGJ

Wida Kriswanti | 14 Juli 2021 | 18:45 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Berdebat dengan sesama orang waras saja sebaiknya dihindari. Apalagi berdebat dengan seseorang yang diketahui memiliki gangguan kejiwaan? Karena orang yang sudah tidak jalan logikanya, tidak bisa dihadapi dengan argumen apapun.

Seperti dilansir dari Psychology Today, bahwa jangan sekali-kali menggunakan akal saat menghadapi seseorang yang sudah kehilangan akal. Cukup lakukan hal-hal sederhana saja agar selamat dari keberadaan mereka yang bisa jadi membahayakan kita. Minimal tidak ikut gila. Apa saja yang bisa kita lakukan, berikut ini langkah-langkahnya.

1. Kurangi waktu berinteraksi dengan mereka 

Hindari kemungkinan terpapar kegilaan seseorang. Bukan berarti gila itu menular, namun jika interaksinya terlalu intens, minimal Anda mulai kesulitan membedakan mana yang benar dan mana yang salah. Jadi, kurangi interaksi jalan terbaik. 

2. Tetaplah logis

Mungkin Anda tidak sengaja bersinggungan dengan pemikiran-pemikiran mereka yang tidak masuk akal. Maka saat itu juga, tegakkan logika Anda. Berpeganganlah pada prinsip kebenaran yang selama ini Anda pegang.  

3. Jangan bersahabat dengan mereka   

Mungkin Anda tergoda untuk mendekati mereka, bersahabat dengan mereka, menyelamatkan mereka. Tapi ketahuilah, ini malah berisiko membuat Anda kehilangan objektivitas, terbawa perasaan, jadi tidak enakan, dan lain-lain. Tentu ini membahayakan diri Anda sendiri. 

4. Fokus pada apa yang mereka katakan 

Orang dengan gangguan jiwa atau ODGJ bisa jadi memukau dalam penampilan dan ini bisa membuat Anda tertipu. Maka kuncinya adalah fokus pada perkataan mereka. Sekali terdengar ada yang tidak masuk akal keluar dari mulut mereka, mulai tingkatkan kewaspadaan Anda. Jangan sampai ikut tersesat dalam bualannya.

5. Jangan mimpi mereka kelak menjadi seperti yang Anda harapkan

Berhenti berharap muluk akan menghindarkan Anda dari perasaan kecewa yang bisa jadi akan merusak mental Anda juga.

6. Hindari bahasan yang bisa membuat Anda berada dalam masalah

Cara terbaik saat terpaksa berkomunikasi dengan mereka adalah dengan bersikap diplomatis. Tanggapi seperlunya atau iyakan saja, lalu tinggalkan. Karena obrolan dengan mereka tidak akan membawa Anda kemana-mana. Jika ditanggapi terlalu serius, salah-salah malah Anda yang terluka.

7. Tidak perlu berusaha keras agar mereka paham maksud Anda

Yakinlah, mendengarkan Anda saja tidak mereka lakukan. Apalagi memahami Anda? Jadi simpan saja energi Anda dan berhenti mengatakan apapun yang hanya akan sia-sia belaka.

8. Ciptakan jarak

Beberapa ODGJ sama sekali tidak boleh didekati. Bisa jadi karena terlalu berbahaya atau terlalu menyesatkan pengaruhnya. Tidak cukup hanya mengurangi interaksi, ada kalanya Anda benar-benar tidak boleh bertemu mereka lagi demi keselamatan diri Anda.

Penulis : Wida Kriswanti
Editor: Wida Kriswanti
Berita Terkait