Cara Berhemat dengan Mengurangi Pengeluaran Kecil yang Menguras Penghasilan (2)

Rizki Adis Abeba | 21 April 2018 | 06:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Menurut David Bach, penasihat sekaligus penulis buku keuangan asal New York, AS, Anda akan menghemat banyak uang jika bisa mengidentifikasi dan mengurangi pengeluaran-pengeluaran kecil yang tidak disadari menguras penghasilan setiap bulan, seperti beberapa faktor berikut ini. 

Minum kopi

Meminum kopi kini bukan lagi kebiasaan orang tua. Tren es kopi susu dan aneka minuman kopi kekinian menjadikan minum kopi dan kongko di kedai kopi bagian dari gaya hidup generasi milenial. Hasil survei Jakpat, platform survei daring, pada 2015 menyebut, 79 persen orang Indonesia di 10 kota besar yang menggunakan ponsel pintar meminum kopi setiap hari—dengan 46 persen minum kopi di rumah dan 26 persen di kedai kopi.

Dengan harga kopi berkisar 15 hingga 50 ribu per gelas di kedai kopi termasuk kopi latte yang rata-rata 30 ribu—dari sinilah istilah faktor latte berasal—bayangkan, berapa banyak uang yang bisa Anda hemat per bulan dengan mengurangi intensitas minum kopi?

Berlangganan kanal YouTube

Dibanding aplikasi medsos lainnya, YouTube paling menyedot kuota data internet.

Coba hitung, ada berapa banyak kanal YouTube yang Anda ikuti? Semakin banyak berlangganan kanal YouTube, semakin sering menonton, semakin besar pula pengeluaran Anda untuk membeli pulsa data internet.

Cobalah selektif memilih kanal YouTube. Jika tidak penting-penting amat, tidak usah berlangganan. Untuk menyiasati, manfaatkan fasilitas jaringan WiFi di tempat-tempat umum.

selesai.

(riz / gur)

Penulis : Rizki Adis Abeba
Editor: Rizki Adis Abeba
Berita Terkait