Menyambut Tahun Baru, Cobalah 3 Inspirasi Resep Ayam Bakar Ini

Andira Putri Jumat, 30 Desember 2016 16:10:47
Ilustrasi (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Tidak terasa tahun 2016 akan segera berakhir. Anda pasti sudah mulai sibuk mempersiapkan cara merayakan malam pergantian tahun nanti. Ada yang memilih untuk berlibur ke luar kota atau luar negeri, berkumpul bersama teman-teman, bahkan berpesta semalam suntuk.

Namun, ada juga orang yang memilih untuk merayakan Tahun Baru di rumah. Hal ini sah-sah saja. Merayakan Tahun Baru di rumah tidak lantas menjadi sesuatu yang membosankan. Justru merayakan Tahun Baru di rumah bisa membuat Anda bebas berkreasi. Anda bisa mencoba memasak berbagai jenis resep spesial.

Contohnya, resep ayam bakar. Masakan ini kerap digemari banyak orang. Mereka menyukai kelezatan dan keharuman bumbu ayam bakar ini. Tetapi, tidak banyak orang yang berani mengolahnya di rumah. Ini karena memasak ayam bakar tergolong butuh waktu lama.

Ilustrasi (Depositphotos)
Ilustrasi (Depositphotos)

Di Tahun Baru inilah saat yang tepat bagi Anda untuk mengambil tantangan memasak ayam bakar. Berani mencoba? Anda bisa mengambil inspirasi dari tiga resep masakan ayam bakar di bawah ini:

1. Ayam Bakar Pedas Manis

Di antara resep ayam bakar lain, ayam bakar pedas manis tergolong mudah untuk dimasak. Ini karena ayam bakar pedas manis tidak memerlukan bumbu yang sulit.

Anda hanya cukup menghaluskan kemiri, bawang merah, bawang putih, ketumbar, jintan, lada putih, dan garam lalu melumurinya ke daging ayam. Biarkan bumbu tersebut merata selama 30 menit. Ayam yang sudah berbumbu kemudian dicampur dengan air, daun salam, dan air asam. Jangan lupa, tambahkan kecap manis Bango untuk memberikan sedikit rasa manis dalam ayam tersebut.
Kemudian, masaklah hingga daging ayam empuk serta kuahnya kental lalu angkat. Selesai memasak, Anda harus membakar ayam berbumbu di atas bara api atau arang. Tunggu hingga permukaannya kering.

2. Ayam Bakar Kalasan

Resep ayam bakar ini cenderung tradisional karena sudah diolah turun-temurun. Cara memasak ayam bakar kalasan dimulai dengan menumiskan bumbu halus, sesuai resep di atas. Kemudian tambahkan daun salam, lengkuas, dan serai dalam bumbu agar rasanya bertambah nikmat. Aduklah hingga layu.

Kemudian masukkan ayam ke dalam campuran bumbu tersebut dan aduk hingga kaku. Langkah selanjutnya adalah menuangkan santan ke dalam adonan, dan masak dengan api kecil. Jangan lupa untuk tetap menutup wajan. Angkat dan dinginkan ayam ketika daging terasa empuk dan kuahnya tidak bersisa. Setelah itu, Anda bisa membakar ayam di atas bara api hingga matang. Berikan juga kecap manis Bango agar rasa ayam bakar kalasan semakin lezat.

3. Ayam Bekakak

Ayam khas Jawa Barat ini cocok bagi Anda yang ingin mencoba menu baru. Sebagai langkah pertama, Anda perlu melumuri ayam dengan bawang putih, kunyit, dan garam. Tunggu sampai bumbu merata selama 15 menit. Setelah itu, tumislah bumbu halus hingga harum dan didihkan dengan air.

Masukkan ayam yang sudah berbumbu beserta gula merah dan garam, lalu oleskanlah kecap manis Bango untuk menambah rasa gurih. Masak ayam hingga bumbunya meresap, dan terakhir, panggang ayam sampai dagingnya renyah.

Itulah tiga resep masakan ayam bakar yang bisa dijadikan inspirasi di malam Tahun Baru. Sebagai pelengkap masakan Anda, pilihlah kecap manis Bango yang hadir dengan bahan berkualitas baik serta cita rasa autentik khas Indonesia.

Ingin terus berkreasi? Silahkan lihat aneka pilihan resep makanan Indonesia di sini.

 

(dira/gur)

 

Penulis Andira Putri
Editor Tubagus Guritno
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore
loading...
YANG INI LEBIH HEBOH
KOMENTAR
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi tabloidbintang.com. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.