Tanamera Coffee, Tempatnya Menikmati Cita Rasa Kopi Lokal

Ika Nurhayati | 6 Januari 2018 | 05:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Tanamera Coffee jaminannya kopi enak. Yang suka café-hopping pasti tahu banyaknya kafe lain yang menggunakan biji kopi dari Tanamera Coffee. Ditambah sewaktu kami mengunjungi kafe Tanamera Coffee pertama di Jakarta, yang berlokasi di Thamrin City Office Park, kami selalu mendapati warga negara asing mengopi di tempat dan juga membawa pulang bermacam biji kopi hasil penyangraian Tanamera Coffee. Maklum saja, Tanamera Coffee membanggakan biji kopi lokal yang harum, yang sulit didapati di negara mereka.

Selintas Tanamera Coffee yang berdiri sejak 2013 ini tampak tidak besar. Namun area duduk tidak hanya ada di lantai ke-1, melainkan juga di lantai ke-3—lantai di antaranya untuk ruangan staf dan toilet. Buat kami yang datang ke sini, selain untuk mengopi dan menikmati makanan yang tersedia juga menumpang mengetik, paling senang duduk menghadap bar kopi di lantai ke-1. Sebab kami bisa sembari mendengarkan perbincangan menarik antara barista dan pengunjung, misalnya tentang karakter biji kopi tertentu.

Mengingat koleksi kopi Tanamera Coffee, kopi seduh daily brew pastinya jadi menu favorit. Dari kopi Aceh Gayo dan Toraja Sapan yang umum sampai Rasuna Natural yang jarang didengar. Namun karena kami bukan penggemar kopi hitam, kami biasanya memesan cappuccino atau latte. Nikmatnya jangan diragukan, karena buat kami kedua jenis kopi ini juga pekat kopinya, terutama iced white atau iced latte yang menggunakan kopi double shot. Yang juga jadi favorit adalah cold white, campuran cold brew dengan susu segar yang dikemas dalam botol.

Tanamera Coffee, yang sudah melebarkan cabang ke beberapa lokasi lain di Jakarta, Tangerang, Bali, sampai Sulawesi Selatan, juga mengisi menu dengan makanan enak. Tersedia hidangan berat bergaya lokal maupun barat—dari nasi goreng, sup buntut, pasta sampai burger. Yang unik di sini buat kami adalah burger berisi kepiting soka, yang menyandang nama TC crab burger. Selesai makan, boleh juga, lo mencicipi pastry dan cake yang terpampang di etalase makanan, seperti croissant butter pudding, perpaduan croissant dan butter pudding yang bertabur kacang mete.

Datanglah ke Tanamera dan nikmatilah kopi lokal kita. Kapan pun kamu datang, para baristanya akan serempak menyambut dengan “selamat pagi!”, pertanda mereka selalu bersemangat menyajikan kopi sekalipun sudah malam.

Tanamera Coffee

Thamrin City Office Park, Jl Kebon Kacang Raya Blok AA07, Thamrin, Jakarta Pusat

Senin-Minggu, 07.00-20.00 WIB

(Ika / bin)

Penulis : Ika Nurhayati
Editor: Ika Nurhayati
Berita Terkait