Buat Yang Tak Punya Kampung Halaman, Mudik ke Kampung Orang Lain Saja

Wayan Diananto | 23 Juni 2017 | 12:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - “Anda ngopi di kedai, secangkir 50 bahkan 75 ribu rupiah. Dengan memangkas kebiasaan ngopi empat atau lima kali saja, uangnya bisa dipakai untuk menginap satu malam di guest house di Bali, Yogyakarta, bahkan Bangkok, lo,” terang  Traveler Claudia Kaunang.

Bagi yang tidak memiliki kampung halaman, selain menghabiskan libur Lebaran dengan menjelajah mal yang kala Lebaran terasa sepi dan lengang, Anda juga bisa pelesir ke luar Ibu Kota.

Claudia menyebut, beberapa kota di Jawa akan menjadi primadona baru industri pariwisata sepanjang tahun ini.

“Semarang saya rekomendasikan. Wisata religius seperti Masjid Agung Jawa Tengah, Gereja Blenduk, dan kelenteng Sam Po Kong bisa disambangi. Kulinernya pun amat lezat. Dari Semarang, Anda bisa berlanjut ke sisi timur menyusuri Demak dan sekitarnya. Kalau anggaran Anda melimpah, Bali dan Lombok masih menjadi primadona tahun ini, lo,” Claudia berbagi rekomendasi.

“Apa? Bali lagi?” protes kami kepada Claudia.

Mendengar protes kami, wanita berkaca mata ini tertawa. Ia mengingatkan pada April lalu, Pulau Dewata meraih penghargaan Travelers' Choice Awards 2017 kategori Destinasi Wisata Terbaik Dunia.

 

Selain faktor penghargaan tersebut, Claudia memberi tahu bahwa Bali dan Lombok punya banyak wajah yang belum diketahui khalayak.

“Masih banyak hidden beach (pantai yang belum banyak dikenal- red) di Bali dan Lombok. Ingat, 15 tahun lalu orang tidak 'ngeh' dengan Dreamland. Sekarang, banyak dilirik. Pantai Keramas di Gianyar, Pantai Amed dan kawasan Menjangan di Bali juga bisa dijadikan pilihan alternatif buat Lebaran kali ini,” Claudia mengakhiri perbincangan.

Pilihan sepenuhnya ada di tangan Anda

 

(wyn / gur)

 

Penulis : Wayan Diananto
Editor: Wayan Diananto
Berita Terkait