5 Tips Aman Traveling Sendiri Ala Famega Syavira Putri

Andira Putri | 28 Maret 2018 | 22:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Famega Syavira Putri berbagi tips aman untuk traveling sendiri. Traveler sekaligus jurnalis ini sempat menyita perhatian publik karena melakukan perjalanan darat ke 18 negara Asia, Afrika,dan Eropa pada 2017 lalu.

Famega Syavira Putri sudah traveling sendiri sejak tahun 2011. Perempuan berusia 32 tahun ini menyukai traveling sendiri karena praktis dan bebas. 

Anda pun bisa mengikuti jejak Famega Syavira Putri traveling sendiri.

Namun, ada lima hal yang harus diperhatikan sebelum memulai perjalanan. Apa saja tips traveling sendiri dari Famega Syavira Putri?

1. Jangan Langsung Pergi Jauh

Traveling sendiri memang menggiurkan. Anda pasti sudah membayangkan berkeliling ke Jepang hingga deretan negara Eropa. Namun, seorang pemula harus bisa menahan diri terlebih dahulu. Famega Syavira Putri menganjurkan mereka untuk tidak langsung pergi ke lokasi jauh.

"Kalau awal-awal, kita coba pergi ke tempat yang familiar dan aman. Ini maksudnya tempat yang nggak terlalu sulit. Mungkin kita bisa ke Indonesia dulu seperti mengunjungi Bali. Kalau langsung jauh, kita nanti panik sendiri. Di sini kita mungkin bisa menemukan hal-hal yang tidak diketahui tentang dirimu," tutur Famega Syavira Putri ketika ditemui di Lettice, Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Selasa (6/3).

2. Riset Negara yang Dikunjungi

Setelah sudah terlatih traveling sendiri, Anda bisa mulai mencari negara yang ingin didatangi. Cobalah untuk melakukan riset sehingga memahami kondisi cuaca, kebudayaan hingga masyarakat negara tersebut.
 
"Kita harus riset soal negara yang dikunjungi. Negara Eropa sih rata-rata aman. Cuma waktu ke Maroko, aku harus riset dulu. Jadi aku tahu harus pakai baju apa. Di desa, kita harus pakai baju sopan. Di kota, apa saja bebas," terang Famega Syavira Putri.

3. Jangan Terlalu Banyak Bawa Barang

Traveling ke berbagai negara membuat Anda harus melakukan sejumlah persiapan. Tidak jarang jika Anda memutuskan untuk membawa banyak barang karena takut sulit mencarinya di negara tujuan.

Famega Syavira Putri tidak menyarankan kebiasaan tersebut. Menurut traveler ini, banyak barang bisa membuat Anda kerepotan dalam perjalanan.

"Semua yang dibutuhkan bisa dibeli dimana pun. Jangan bawa sesuatu terlalu berat. Kalau overpacking, itu membuatmu repot sendiri. Terus kita harus ada space kosong di tas untuk oleh-oleh dan barang yang ingin dibeli," ujar Famega Syavira Putri.

4. Atur Kondisi Keuangan

Urusan keuangan menjadi tantangan tersendiri dalam traveling. Famega Syavira Putri selalu mengatur besar pengeluarannya di setiap negara.

"Aku berusaha ada budget harian sekitar Rp 300.000. Itu sama buat di semua negara," ujar Famega Syavira Putri saat membahas perjalanannya ke 18 negara.

Kemudian Famega Syavira Putri juga mempersiapkan cadangan uang. Famega Syavira Putri tidak menyimpan uang dalam satu tempat, tetapi membaginya ke sejumlah wadah.

"Contohnya adalah bawa cash dan ATM. Itu harus disimpan di tempat lain juga. Jadi kalau hilang, masih ada cadangan," lanjut Famega Syavira Putri.

5. Waspada Terhadap Lingkungan Sekitar

Tips terakhir untuk Anda yang ingin traveling sendiri adalah waspada. Jangan lupa untuk memperhatikan kondisi sekitar selama menempuh perjalanan. 

"Jangan lugu. Kalau traveling sendiri itu bertanggung jawab terhadap diri sendiri. Jangan keluar rumah malam-malam. Kalau tiba di suatu tempat, jangan ketika udah gelap. Riset jadi nggak celingak-celinguk. Kalau nggak mengerti, pura-pura sok tahu aja makanya," kata Famega Syavira Putri.  

Meski begitu, Anda juga tidak boleh langsung ketakutan. "Jangan jadi terlalu parno sampai nggak mau kontak sama orang. Kita harus balance antara komunikasi dan hati-hati. Percaya sama intuisi juga," tutup Famega Syavira Putri. 

(dira /gur)

Penulis : Andira Putri
Editor: Andira Putri
Berita Terkait