Dua Kondisi Ini Menambah Keyakinan Doddy Sudrajat Pindahkan Makam Vanessa Angel ke TPU Karet Bivak

Indra Kurniawan | 19 Desember 2021 | 13:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Niat memakamkan Vanessa Angel di TPU Karet Bivak menurut pengakuan Doddy Sudrajat sudah ada sejak hari pertama ia mendapat kabar putrinya meninggal dalam kecelakaan maut di Tol Jombang. Keinginan itu bahkan sudah ia sampaikan kepada Faisal, ayahanda almarhum Bibi Andriansyah.

Doddy Sudrajat berniat memindahkan makam Vanessa Angel dari Taman Islam Malaka Ulujami ke TPU Karet Bivak Jakarta. Di Karet, jenazah Vanessa akan dimakamkan satu liang dengan mamanya, yang telah meninggal beberapa tahun lalu. 

"Tadinya setelah daddy mendengar Echa kecelakaan dan dipastikan meninggal, dalam perjalanan dari kantor daddy di Rawamangun ke rumah Pak Faisal, daddy sudah ngomong ke mama Puput, 'Echa harus dimakamkan di Karet Bivak. Ini berdasarkan wasiat Echa.'," cerita Doddy dilansir tabloidbintang.com dari video wawancara Feni Rose di kanal YouTube pribadinya.

"Nah sampai di rumah Pak Faisal kita sudah bicarakan masalah pemakaman. Cuma memang daddy dilema. Di satu sisi daddy kasihan, dia sebagai sepasang suami istri yang meninggal bersamaan. Di sisi lain daddy berat juga karena daddy pengin Echa dimakamkan satu liang dengan ibunya," tambahnya.

Karena keadaan di rumah Faisal sedang ramai, kata Doddy tidak memungkinkan untuk berdebat masalah pemakaman. Ia akhirnya memilih mengalah, biar saja Vanessa Angel dimakamkan di Taman Makam Islam Malaka dulu. 

"(Pak Faisal bilang) 'Di sini aja karena lebih dekat.' Dekat dengan rumah, jadi gampang untuk ziarah. Waktu itu daddy berpikir, 'Ya udah lah enggak apa-apa di situ saja dulu.' Karena memang sudah ada niat nanti dipindahkan," bilang Doddy. 

Doddy pikir Taman Makam Islam Malaka seperti TPU Karet Bivak, yang berada di bawah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Melainkan tanah wakaf yang dijadikan tempat pemakaman. Doddy menilai Taman Makam Islam Malaka tidak terurus. 

"Sampai hari mau dikubur kaget, 'Wah kok kuburannya seperti ini.' Mohon maaf, kalau saya bilang (makamnya) kurang layak. Makamnya itu kan bukan di bawah Pemda (melainkan) wakaf. Daddy lihat tidak terurus," jelas Doddy. 

"Di sebelah utara apa Selatan banyak semak yang udah enggak dirawat, enggak digunting, enggak dirapikan. Banyak pepohonan. Jadi khawatir juga nanti kalau suatu saat ada pembangunan atau pelebaran jalan. Itu menambah keyakinan daddy juga akhirnya, 'Udah harus dipindahkan.'," tambahnya menggebu-gebu. 

Keyakinan untuk memindahkan menguat setelah mengetahui Makam Vanessa kerap dimanfaatkan orang-orang untuk membuat konten. Doddy menyoroti ketiadaan petugas keamanan di sana.

"Enggak tahu sampai sekarang mungkin masih ada, kita enggak tahu. Soalnya kan enggak dijaga. Ada yang membuat konten memanggil roh Vanessa. Itu yang membuat daddy tambah yakin harus dipindahkan," tegas Doddy.

"Kalau di Karet Bivak enggak mungkin seperti itu, karena terawat dan ada security. Enggak bisa sembarangan (masuk). Itu yang membuat akhirnya, ya udah kita sepakat semua dan keluarga almarhum (mamanya Vanessa) juga setuju (memindahkan makam Vanessa)," lanjutnya.

Pemindahan makam dilakukan usai Doddy didatangi Vanessa dalam mimpi. Menurut Doddy, Vanessa berpesan agar ia dimakamkan satu liang dengan mamanya di TPU Karet Bivak. Kapan pemindahan dilakukan, tampaknya belum ada waktu pasti. 

Penulis : Indra Kurniawan
Editor: Indra Kurniawan
Berita Terkait