Mengunjungi Istri Gus Dur, Sandiaga Uno Diberi Oleh-oleh Tempe Tak Setipis ATM

TEMPO | 10 September 2018 | 22:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Hari ini Sandiaga Uno berkunjung ke rumah Sinta Nuriyah Wahid, istri almarhum Presiden Abdurrahman Wahid atau Gus Dur. Sebelum pulang Sandiaga Uno mendapat bekal tempe mendoan dari Sinta Nuriyah Wahid.

Sandiaga Uno tampak membawa tempe mendoan yang ditaruh di sebuah wadah makan berwarna bening itu saat wawancara dengan wartawan. Sandiaga pun sempat melontarkan gurauan soal tempe itu. Katanya, tempe mendoan itu tidak setipis kartu ATM. "Saya juga dikasih oleh-oleh tempe yang tidak tipis seperti kartu ATM," kata Sandiaga Uno di rumah Gus Dur, Jalan Al Munawaroh, Ciganjur, Jakarta Selatan, Senin, 10 September 2018.

Tempe mendoan itu dibekalkan kepadanya lantaran Sandiaga Uno tengah berpuasa. Sehingga, dia tak bisa menyantapnya secara langsung selagi bertandang ke rumah mendiang presiden keempat itu. "Karena kebetulan lagi puasa, Ibu (Sinta) juga puasa, tempe ini nanti buat buka puasa. Terima kasih, Bu," ujar Sandiaga Uno.

Isu tempe setipis kartu ATM ini mencuat Jumat, 7 September lalu. Dalam konferensi pers penyampaian sikap politik koalisi pengusung Prabowo Subianto, Sandiaga mengatakan kondisi ekonomi kian sulit akibat anjloknya nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika. Dia menyebut sulitnya kondisi ekonomi ini salah satunya berimbas pada tempe yang semakin tipis. "Tempe katanya sekarang sudah dikecilkan dan tipisnya sudah hampir sama dengan kartu ATM. Tahu, Ibu Yuli di Duren Sawit kemarin bilang, jualan tahunya sekarang dikecilin ukurannya," kata Sandiaga Uno di rumah Prabowo Subianto, Jalan Kertanegara IV, Jakarta Selatan, Jumat, 7 September 2018.

Cerita Sandiaga Uno ini lantas menuai komentar dari sejumlah kalangan, mulai dari kubu lawan di pemilihan presiden 2019 hingga warganet. Direktur Relawan Tim Sukses Koalisi Indonesia Kerja Maman Imanulhaq, misalnya, menyanggah pernyataan Sandiaga itu. "Katanya hari ini dolar Rp 15 ribu sampai membuat tempe setipis kartu ATM. Saya sudah cek di warteg, tempe masih gede-gede betul," kata Maman dalam acara deklarasi Aliansi Kebangsaan Gotong Royong Indonesia di Gedung Joeang '45, Jakarta, Sabtu, 8 September 2018.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait