Angin Kencang Landa Bogor, BMKG Keluarkan Peringatan Dini

TEMPO Senin, 17 Desember 2018 14:45:23
Ilustrasi (Angin)

TABLOIDBINTANG.COM - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Dramaga memberikan peringatan dini angin kencang di sebagian besar wilayah Bogor. Angin kencang ini berpotensi menyebabkan pohon tumbang yang mengancam keselamatan masyarakat. 

Kepala Stasiun Klimatologi Dramaga Budi Suhardi mengatakan, berdasarkan pengamatan terakhir satelit cuaca pada Senin (17/12) sekitar pukul 06.00 pagi, terlihat potensi angin kencang dan hujan disertai kilat/petir di sebagian wilayah Bogor, Depok, Bekasi dan sebagian besar wilayah Jawa Barat. 

"Kami mengimbau masyarakat terutama warga Bogor agar waspada tiupan angin kencang yang terjadi sejak pagi tadi," katanya.

Kecepatan angin kencang yang menerjang wilayah Bogor sejak pagi berada di atas rata-rata, berkisar antara 10 hingga 20 kilometer/jam. 

"Jika kecepatan angin sudah mencapai di atas 50 kilometer/jam kondisi sudah masuk ekstrem dan dapat mengakibatkan angin puting beliung dan sudah membahayakan," katanya.

Ia melanjutkan, angin kencang yang terjadi wilayah Bogor, sebagian besar wilayah Jawa Barat dan daerah lain di Indonesia ini akibat dipengaruhi oleh siklon tropis Kenanga.

"Siklon tropis sangat berpengaruh dan dapat mengakibatkan sejumlah wilayah dilanda angin kencang dan sambaran petir, namun siklon tropis ini biasanya paling terdampak pada ketinggian gelombang laut," kata dia.

Budi mengatakan, meski pada pagi hari kondisi cuaca di Bogor cerah dan hanya diterjang angin kencang, pada sore dan malam secara umum akan berawan dan hujan ringan hingga sedang. "Potensi hujan ringan terjadi di Bogor dan sebagian daerah di Jawa Barat," kata dia.


TEMPO.CO

Penulis TEMPO
Editor Binsar Hutapea
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore
YANG INI LEBIH HEBOH
loading...
KOMENTAR
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi tabloidbintang.com. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.