Pendarahan Otak, Tukul Arwana Dapat Tawaran Berobat ke Luar Negeri

Ari Kurniawan | 29 Oktober 2021 | 13:00 WIB

Setelah menjalani operasi di Rumah Sakit Pusat Otak Nasional (RS PON) Cawang, Jakarta Timur, pada 22 September 2021, kondisi Tukul Arwana berangsur membaik. Tukul sudah dibolehkan menjalani perawatan di rumah, dengan dipantau dokter dan perawat yang direkomendasikan rumah sakit. 

Dokter memperkirakan proses penyembuhan Tukul Arwana akan memakan waktu yang cukup lama. Bisa berbulan-bulan, bahkan lebih dari satu tahun. Keluarga Tukul pun membuka kemungkinan untuk melanjutkan pengobatan di luar negeri. 

Rizki Kimon, manajer Tukul Arwana, mengakui dirinya banyak mendapat saran dari orang sekitar untuk membawa Tukul berobat ke luar negeri. Tapi, opsi ini masih jadi bahan pertimbangan pihak keluarga. 

"Kalau kepikiran sih mungkin iya, keluarga besar iya, cuma mau kemana. Dan tambahan perawatan gitu kita akan serahkan ke pihak keluarga besar. Memang banyak sekali masukan dan tawaran yang datang ke kami," kata Kimon, kepada wartawan. 

Sejauh ini, menurut Kimon, pihak keluarga masih terus berkoordinasi dengan tim dari RS PON. Soal kemungkinan berobat ke luar negeri, keluarga juga akan meminta pertimbangan dari tim dokter di Tanah Air.

"Saat ini kami tetap berkoordinasi dengan RS PON baiknya bagaimana. Kalau misalkan itu (berobat ke luar negeri) memang terbaik, kita akan jalankan apapun," lanjutnya. 

Seperti diberitakan sebelumnya, Tukul Arwana dilarikan ke Rumah Sakit Pusat Otak Nasinal, Cawang, Jakarta Timur, karena mengalami pendarahan di otak pada 22 September 2021. Dokter memutuskan untuk melakukan operasi terhadap presenter Ini Talkshow tersebut.

Dokter menyimpulkan terdapat pendarahan yang terjadi di otak dan kemungkinan terjadi karena hipertensi. Operasi berlangsung sekitar tiga jam dan berjalan lancar. Pada 16 Oktober 2021, Tukul Arwana sudah dibolehkan pulang ke rumah. 

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait