Aneka Ornamen Khas Imlek, dari Lampion Sampai Taplak Merah

aura.co.id | 12 Februari 2021 | 12:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Menghias rumah dengan ornamen-ornamen cantik jadi salah satu agenda persiapan Imlek. Selain memperindah rumah, berbagai ornamen ini punya makna khusus. Ornamen yang dipilih biasanya berwarna merah. Namun beberapa ornamen merah bisa dipadukan dengan warna lain supaya rumah tak tampak monoton.

1. Lampion


Ornamen ini salah satu yang paling populer dalam perayaan Imlek. Biasanya digantung di depan maupun dalam rumah untuk mengusir nasib sial dan menolak bala. Lampion identik dengan bentuk oval dan warna merah menyala berikut tali menjuntai berwarna emas. Anda bisa menyerasikan dengan model lain seperti lampion berbentuk kapsul atau tabung. Warnanya juga bisa disesuaikan dengan selera tapi pastikan lampion merah tetap dominan sebagai ciri khas Imlek. Anda juga bisa memilih warna lampion lain dengan corak bunga atau tulisan untuk menegaskan momen perayaan Imlek.

2. Hiasan dari kertas


Kreasi dari seni memotong kertas (paper cutting) biasanya ditempel pada dinding atau jendela. Coraknya didominasi gambar hewan dan tumbuhan. Ikan salah satu corak yang populer. Karena lafal kata ikan dalam bahasa Mandarin dekat dengan lafal kebahagiaan atau berkat. Sama halnya dengan lampion, hiasan ini umumnya berwarna merah. Jangan khawatir, Anda tetap bisa berkreasi dengan warna lain. Misalnya, membuat bentuk bunga beraneka warna atau bentuk babi sesuai dengan shio tahun ini.

3. Pohon jeruk


Dekorasi pohon jeruk palsu cocok menghiasi sudut-sudut ruangan. Buah yang banyak pada pohon melambangkan rezeki yang melimpah serta keberuntungan. Agar lebih meriah, pohon ini biasanya dihias dengan beberapa amplop merah yang tergantung. Pilihan lain, Anda bisa memilih pohon jeruk yang seluruhnya berwarna emas. Umumnya, pohon ini dihiasi dengan bentuk koin uang. Pohon ini bisa jadi alternatif bagi Anda yang jenuh dengan warna merah sekaligus ingin menampilkan kesan mewah.

4. Pohon bunga


Perayaan Imlek disebut juga festival musim semi karena menandai datangnya musim semi di Tiongkok. Maka bunga-bunga cantik sering digunakan untuk menghias rumah. Bunga mei hua yang mirip dengan sakura dan anggrek merupakan yang paling populer digunakan. Bunga mei hua yang tetap mekar meski di musim dingin sekalipun melambangkan kegigihan dan daya tahan dalam meraih kesuksesan. Umumnya, bunga mei hua yang dipakai berwarna merah muda. Agar tidak monoton, padukan dengan bunga anggrek yang pilihan warnanya lebih variatif. Anggrek sendiri melambangkan kesuburan. Bunga-bunga cantik ini bisa juga diletakkan dalam pot kecil di atas meja.

5. Tulisan Fu

 


Tak hanya lampion, berbagai ornamen juga digantung di rumah menjelang Imlek. Ornamen ini didominasi warna merah dan emas. Modelnya bermacam-macam, dari gantungan berbentuk petasan, bunga, atau shio. Namun satu yang tak pernah terlupakan, tulisan Mandarin Fu yang artinya keberuntungan dan kebahagiaan. Gantungan dengan detail tulisan Fu bisa menghias bagian dalam rumah. Cara lain, menempel tulisan Fu pada pintu depan rumah. Biasanya tulisan ini diukir atau ditulis di atas kertas merah.

6. Taplak merah


Makan bersama keluarga merupakan agenda wajib Imlek. Tak masalah jika anggaran untuk membeli peralatan makan bercorak Imlek tahun ini terbatas. Kuncinya, ada pada penataan. Lapisi meja dengan taplak merah bercorak floral. Corak ini akan meramaikan meja sehingga Anda bisa tetap menggunakan peralatan makan yang sudah dimiliki sebelumnya. Percantik meja dengan lilin atau keranjang kecil berisi buah atau bunga hias. 

 

Penulis : aura.co.id
Editor: aura.co.id
Berita Terkait