Festival Musik Dangdut Pertama di Indonesia Akan Digelar Tahun Ini!

Wayan Diananto | 10 Maret 2019 | 02:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Musik dangdut telah menjadi salah satu ikon budaya Indonesia. Mewakili Indonesia, dangdut telah menorehkan sejumlah prestasi di tingkat internasional. Lagu "Lagi Syantik" milik Siti Badriah misalnya, telah ditonton 475 juta kali lebih di YouTube dan diganjar gelar Best ASEAN Economic Community Song oleh F.M. 95 MHz. Berkaca pada fenomena ini, sebuah festival musik dangdut bertajuk "Digoda Fest 2019" akan digelar di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta pada 6 Juli 2019.

Direktur Festival PT Digoda Karya Cipta Indonesia, Delisa P. Tahir, menjelaskan, dangdut cerminan masyarakat Indonesia yang guyub, riang, dan bersahaja. Dangdut terpengaruh musik rok. Meski telah mendarah daging di masyarakat Indonesia, dangdut kurang mendapat perhatian khusus agar tetap lestari. "Ini kali pertama di Indonesia ada festival khusus genre dangdut sebagai ajang ekspresi sekaligus apresiasi untuk musik dangdut," ujar Delisa.

Merespons festival ini, Pengamat Musik, Bens Leo, menyebut apresiasi musik dangdut sudah bagus namun harus terus ditingkatkan. "Tahun 2000-an misalnya, masyarakat telah memberikan apresiasi lebih buat musisi dangdut. Inul Daratista tampil membawakan 6 lagu di panggung dibayar 60 juta rupiah. GIGI serta 15 kru di belakang panggung dibayar 80 juta rupiah untuk 12 lagu. Setinggi itu apresiasi publik terhadap penyanyi dangdut," ulas Bens Leo kepada tabloidbintang.com di Jakarta, pekan ini.

Bens Leo menambahkan, Digoda Fest momentum yang pas untuk memosisikan dangdut lebih bermakna dalam sistem budaya Indonesia. Nantinya, festival ini terbagi beberapa panggung yakni Panggung Festival Dangdut, Panggung Legenda, Panggung Dang, Panggung Dut, dan Panggung Klasik. Puncaknya peluncuran Digoda Award, yaitu penghargaan untuk insan di industri musik dangdut Indonesia, termasuk peluncuran Tangga Lagu Digoda.

Penulis : Wayan Diananto
Editor: Wayan Diananto
Berita Terkait