Sejumlah Musikus dan Tokoh Bicara tentang Musik untuk Perdamaian

Abdul Rahman Syaukani Selasa, 21 Mei 2019 04:00:23
Sejumlah musikus dan tokoh membicarakan tentang musik untuk tujuan kedamaian dan harmoni. (Rahman/tabloidbintang.com)

TABLOIDBINTANG.COM - Sejumlah musikus dan tokoh membicarakan tentang musik untuk tujuan kedamaian dan harmoni di Cilandak Town Square, Jakarta Selatan, Senin (20/5). Acara terbagi dalam 2 sesi dari pagi hingga sore hari dan dipandu penyanyi Glenn Fredly.

Musikus yang menjadi pembicara di event ini adalah Dewa Budjana, Odelia Sabrina Taslim, dan Barry Likumahuwa. Sementara dari kalangan tokoh ada Ahmad Sahal (NU), Franki, Wahyudi Akmaliah (LIPI), dan yang lainnya.

Mereka sependapat bahwa musik sangat penting bagi agama mana pun untuk memperkuat dimensi spiritual seseorang. Mereka juga mengatakan musik bisa menjadi peranti perdamaian di tengah konflik sosial di masyarakat.

Glenn Fredly (Dok tabloidbintang.com)
Glenn Fredly (Dok tabloidbintang.com)

"Hampir semua agama menggunakan agama untuk ritual. Musik bisa jadi mantra," ucap Fanki di Cilandak Town Square, Jakarta Selatan.

Akhmad Sahal di tempat yang sama mengatakan, Islam Indonesia memiliki sejarah yang unik dalam proses masuknya ke nusantara. Islam yang dibawa oleh para wali ke Indonesia tidak memusuhi budaya yang lebih dulu ada. Sebaliknya mereka menggunakannya sebagai medium penyebaran Islam.

"Watak Islam yang berkembang di Indonesia lebih menekankan spiritualitas. Tidak memusuhi budaya, tidak menganggap budaya harus dimusnahkan. Tapi budaya digunakan untuk menyampaikan dakwah. Wali menggunakan wayang, gamelan untuk penyebaran Islam," papar Akhmad Sahal.

Glenn Fredly mengatakan, acara yang mengusung tajuk "Musik Sebagai Ekspresi Iman" sebagai bagian dari rangkaian acara Konferensi Musik Indonesia kedua yang akan digelar pada November mendatang.

(man/bin)

Penulis Abdul Rahman Syaukani
Editor Binsar Hutapea
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore
YANG INI LEBIH HEBOH
loading...
KOMENTAR
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi tabloidbintang.com. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.