Show Dogs: Menarik untuk Anak, Bencana untuk Orang Dewasa

Wayan Diananto | 10 Juni 2018 | 08:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Cuplikan filmnya saja tidak menarik. Saat menonton filmnya utuh, kami percaya Show Dogs salah satu film dengan cerita dan pengemasan paling kacau tahun ini.

Ia mengingatkan kami pada momen menonton Cats & Dogs: The Revenge of Kitty Galore (Brad Peyton, 2010) yang membuat kami terkapar di dalam bioskop.

Show Dogs berpusat pada kasus penculikan anak panda bernama Ling-Li. Ia diselundupkan dari Tiongkok ke AS. Kasus ini terendus agen FBI Frank (Will) dan anjing pelacak jenis Rottweiler, Max (Ludacris) dari NYPD. Keduanya mengusut kasus ini dengan cara berbeda. Max memilih hajar di tempat. Frank menyamar menjadi bagian sindikat penyelundup satwa. 

Akibatnya, operasi penyelamatan Ling-Li gagal. Keduanya kemudian melacak keberadaan Ling Li di pertunjukan anjing tahunan yang dihelat di kawasan elite Caesar Palace, Las Vegas. Di sana, Max jatuh hati pada Daisy (Jordin). Di sisi lain, Frank berinteraksi dengan beberapa kenalan baru seperti Mattie (Natasha) dan Senor Gabriel (Omar).

Show Dogs adalah pertunjukan yang membosankan. Anjing bisa berbicara lalu dijodohkan dengan manusia untuk mengusut kasus kriminal saja sudah tidak masuk akal. Kondisi ini diperparah dengan pertentangan antarkarakter dan konflik yang minim lonjakan. Sesi paling membosankan film ini bergulir saat Max dan Frank tiba di Las Vegas kali pertama. Adegan keduanya berupaya membangun chemistry sambil beradaptasi dengan gaya hidup para pemelihara anjing yang ikut pertunjukan jauh dari kesan rapi. 

Yang terjadi kemudian, rentetan adegan konyol. Dimaksudkan memancing tawa seraya memantik adrenalin penonton, para karakter di film ini malah terlihat asyik sendiri dan lupa pada hakikat akting yakni aksi reaksi yang gesit. Tak heran, film ini gagal mencapai puncak box office. 

Dengan bujet 5,5 juta dolar AS (setara dengan 70 miliar rupiah), film ini untung tipis di kisaran 9 juta dolar AS (127 miliar rupiah). Itu pun setelah beredar di seluruh dunia plus menerima caci maki para kritikus film. Show Dogs film yang hanya menarik bagi anak-anak. Sineas Raja Gosnell lupa bahwa film keluarga yang apik semestinya memikat segala usia. 

Pemain    : Will Arnett, Natasha Lyonne, Ludacris, Jordin Sparks, Omar Chaparro
Produser    : Deepak Nayar, Philip von Alvensleben, David Womack 
Sutradara    : Raja Gosnell
Penulis        : Max Botkin, Marc Hyman 
Produksi    : Open Road Films, Riverstone Pictures
Durasi        : 1 jam 32 menit

(wyn / gur)

Penulis : Wayan Diananto
Editor: Wayan Diananto
Berita Terkait