Permudah Belajar Jarak Jauh, PSF Gandeng Google Membuat Platform Pendidikan 

Romauli Rabu, 23 Desember 2020 01:50:14
ilustrasi

TABLOIDBINTANG.COM - Bekerja sama dengan Google, Sampoerna Foundation (PSF) menciptakan platform pendidikan yang dapat diakses oleh guru dan siswa di seluruh Indonesia. Bicara soal pendidikan, ada banyak sekali guru di Indonesia saat ini namun tidak semuanya melek teknologi. 

Selain masalah melek teknologi, beberapa daerah yang jauh dari perkotaan memiliki kendala sinyal sehingga pelajaran jarak jauh di masa pandemi seperti ini hanya akan menggaris bawahi ketimpangan yang ada. 

Karena itu, PSF berinisiatif untuk memberikan ruang yang lebih luas untuk para guru dalam mengembangkan diri untuk mengajar dan mengelola kelas dengan lebih baik lagi. Guru yang kompeten, infrastruktur sekolah yang memadai, dan penerapan teknologi yang tepat guna akan mendukung terciptanya generasi muda yang unggul.

Pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia nyatanya mempengaruhi praktik belajar mengajar dalam skala besar. Perubahan dari sistem tradisional yang mengharuskan tatap muka menjadi belajar dari rumah tidak berlangsung semulus yang diharapkan di Indonesia. 

Tentu saja ada banyak faktor yang mempengaruhinya. Selain kualitas internet yang belum menjangkau seluruh titik di Indonesia, banyak tenaga pengajar yang masih belum terbiasa dalam mengoperasikan berbagai aplikasi.

Hal tersebut mendorong Sampoerna Foundation untuk berinovasi. Menggandeng INCO Education Accelerator yang didukung oleh Google, PSF menciptakan platform untuk dunia pendidikan. Baik guru dan siswa dapat mengakses banyak hal melalui platform ini. 

Siswa tentunya dapat belajar dengan tenang meskipun di masa pandemi, perataan internet masih berjalan hingga hari ini dan guru dapat belajar serta mengajar dengan lebih baik lagi. Guru juga dibekali pelatihan ekstra untuk meningkatkan kompetensi dan wawasan secara umum. Melalui platform ini, para guru dari seluruh Indonesia dapat berdiskusi dan berbagi informasi maupun pengalaman dengan mudah. 

LenteraEdu sengaja didesain untuk para guru di Indonesia untuk meningkatkan kompetensi para tenaga pengajar. Guru dapat mengakses webinar dan mendapatkan informasi dengan jelas, mudah, dan holistik. Pembicara yang diundang pun merupakan pakar pendidikan di Indonesia. 

Pelatihan ini diharapkan dapat memberi wawasan baru untuk para guru untuk menghadapi era belajar di rumah dengan lebih baik. Selain itu, bukan tidak mungkin jika guru dan siswa mengalami kejenuhan bahkan kebosanan karena lebih dari enam bulan lamanya harus di rumah saja. Karena itu, pelatihan ini dibuka agar para guru dan sekolah secara umum dapat meningkatkan serta menjaga semangat anak didiknya.

Setiap anak berhak mendapatkan pendidikan yang layak dan hal itu harus didukung oleh banyak pihak. Oleh karena itu diperlukan kerjasama yang solid dari pemerintah, swasta, orang tua, dan masyarakat secara umum sehingga mutu pendidikan di Indonesia terangkat. Pendidikan yang baik akan melahirkan generasi penerus yang solid. Ini menjadi dasar Putera Sampoerna Foundation dalam mengatasi masalah pendidikan, mengingat organisasi ini sangat peduli dengan pendidikan di Indonesia.

Penulis Romauli
Editor Tubagus Guritno
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore
loading...
YANG INI LEBIH HEBOH
KOMENTAR
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi tabloidbintang.com. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.