Apa yang Harus Dilakukan Ketika Temanmu  Menglami Pelecehan Seksual 

Vallesca Souisa Minggu, 24 Oktober 2021 12:00:21
Ilustrasi (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Menjadi korban pelecehan seksual adalah suatu hal yang berat. Banyak yang meninggalkan trauma dan luka mental yang mendalam. Terkadang  untuk beberapa korban pelecehan seksual, untuk bisa menceritakan pengalaman pahitnya kepada teman atau keluarga saja sulit. Jika kamu dipilih menjadi tempatnya untuk bercerita, artinya kamu sangat dipercayainya.  Menjadi orang yang dipercaya, artinya kamu harus bisa bersikap sebaik mungkin.

Nah, bagaimana baiknya menghadapi teman yang habis mengalami pelecehan seksual, berikut beberapa diantaranya:

1. Dengarkan Ceritanya Tanpa Menginterupsi dan Memberi Dukungan
Jadilah pendengar yang baik. Dengarkan ceritanya seutuhnya, sampai habis, jangan memotong dan bertanya sebelum ceritanya selesai. 

2. Memercayainya
Dilecehkan, sesuatu yang berat. Iya akan kehilangan kepercayaan diri dan akan sulit memercayai orang. Maka, ia butuh tempat yang nyaman. Butuh seseorang yang bisa dipercaya dan mau memercayainya.  Maka kamu harus menunjukkan sikap percaya dan simpati kepadanya. Sebelum membantunya keluar dari rasa trauma dan masalahnya. 

3. Ingatkan dan Yakinkan Temanmu, Kalau Bukan Dirinya yang Salah
Tidak ada orang yang mau dilecehkan. Maka ketika temanmu dilecehkan, jangan memojokkan atau menyalahkannya, hingga peristiwa ini bisa terjadi. Yakinkan, ini bukan kesalahannya. 

4. Hormati Privasinya
Kamu merupakan orang yang dipercaya saat ia menceritakan pengalaman buruknya padamu. Untuk itu, jangan jadikan cerita pahitnya tadi sebagai bahan obrolan dengan orang lain.


Penulis Vallesca Souisa
Editor Tubagus Guritno
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore