Mengenal Teknologi Pencitraan Neural Processing Unit, Apa Saja Keunggulannya?

Redaksi Selasa, 14 Desember 2021 23:59:40
ilustrasi

TABLOIDBINTANG.COM - Ada sejumlah catatan menarik dari pergelaran Inno Day 2021 di Shenzhen, Tiongkok, pada 14 dan 15 Desember 2021 yang diselenggarakan pula dalam format virtual lewat Inno World 2021. Oppo menciptakan sejumlah inovasi modul kamera, lensa, dan algoritma terbaik termasuk teknologi NPU, yakni lompatan terbesar dalam pengembangan sistem pencitraan seluler. Senior Director Oppo, Jiang Bo, menjelaskan, NPU diproduksi dengan proses 6nm, menggabungkan ISP dan multi-tier memory architecture mutakhir untuk menghadirkan perangkat berkinerja maksimal plus tingkat efisiensi tak tertandingi.

“Dengan kecepatan ultra dan efisiensi tinggi, NPU melakukan 18 triliun operasi per detik (TOPS). Dengan efisiensi daya 11,6 TOPS per watt, NPU menghadirkan kinerja terbaik tanpa menguras daya baterai,” kata Jiang dalam siaran pers yang kami terima pekan ini. Setidaknya ada lima kelebihan teknologi NPU. Pertama, kecepatan ultra dengan efisiensi tinggi. NPU meningkatkan kinerja hingga 20 kali lebih cepat jika dibandingkan dengan Oppo Find X3 Pro. Kedua, NPU memungkinkan pengambilan foto dengan kualitas 20bit 120db dynamic range dengan hasil maksimal, dan 4 kali lebih besar dibandingkan dengan Find X3 Pro.

Ketiga, NPU memungkinkan 4K AI processing secara real-time dan HDR 20bit dalam waktu bersamaan saat menggunakan format RAW. Dengan memproses raw image format, NPU menghasilkan rasio signal-to-noise gambar sebesar 8dB. Keempat, NPU meningkatkan kinerja sensor RGBW Oppo melalui pemisahan ataupun perpaduan warna RGB dan Putih untuk menghasilkan rasio signal-to-noise sebesar 8.6Db, dan meningkatkan kualitas tekstur foto ataupun video hingga 1.7 kali kemudian menjadikannya lebih hidup.

Terakhir, NPU menerapkan algoritme AI Noise Reduction yang menjadikan video lebih jernih dan tajam. Ia juga menghasilkan dynamic range dan color reproduction yang lebih baik. “Kehadiran Air Glass dan NPU bentuk komitmen kami menyediakan produk-produk inovatif sekaligus revolusioner serta memberi pengalaman luar biasa bagi pengguna,” terang Chief Creative Officer OPPO Indonesia, Patrick Owen.


Penulis Redaksi
Editor Tubagus Guritno
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore