Es Kopi Susu Kantoran dan Lemburan di Biro Kopi

Ika Nurhayati | 27 Agustus 2018 | 04:45 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Sebuah kafe kecil di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, setiap jam istirahat dan pulang kerja dipadati pekerja kantoran yang ingin relaks sejenak sembari menikmati kopi enak. Namanya juga Biro Kopi atau kantor kopi, buka hanya setiap hari kerja kebanyakan karyawan, Senin sampai Jumat.

Menguatkan citra sebagai kantor kopi, menu minuman kopi dikaitkan dengan kondisi kantor. Salah satu minuman kopi yang direkomendasikan adalah es kopi susu kantoran, berkomposisi seperti es kopi susu standar dengan gula aren dan espresso cukup 1 shot saja. Untuk es kopi susu yang lebih kuat rasa kopinya atau pakai 2 shot, ada es kopi susu lemburan. Memang cocok buat menemani saat lembur, kan? Ada lagi yang namanya es kopi susu gajian. Momen manis ini sepatutnya dirayakan dengan es kopi susu gajian yang bercita rasa manis, dengan kopi cukup 1 shot plus susu kental manis.

Karena waktu kami berkunjung masih jauh dari tanggal gajian dan belum saatnya lembur, jadi kami pesan es kopi susu kantoran dan camilan berupa roti panggang madu kayu manis. Meski menurut barista kopi pada es kopi susu ini pakai campuran kopi arabika dan robusta—yang terakhir dikenal dengan cita rasanya yang kuat, es kopi susu kantoran diolah dengan baik sehingga terhidang dengan manis dan ringan.

Menu Biro Kopi memuat banyak minuman lain, termasuk kopi hitam, latte, kopi es krim, moka, cokelat, teh, dan teh susu. Bahkan ada wedang jahe, jahe susu, dan kopi jahe susu. Sebagai tempat istirahat ideal buat pekerja di gedung-gedung perkantoran di sekitarnya, Biro Kopi turut menawarkan camilan manis seperti roti panggang dan martabak tipis beberapa rasa.

Menyesuaikan dengan lingkungan sekitar di mana beberapa bangunan tua dan rumah makan legendaris bertahan hingga kini seperti Gado-gado Bon-Bin dan Mie Ayam Gondangdia, Biro Kopi memanfaatkan beberapa barang antik sebagai perabot maupun hiasan. Dari luar kesan antik sudah tampak dari kursi-kursi santai berbahan lilitan karet berwarna-warni, yang biasa menghuni teras rumah di tahun 1970-an. Sementara di ruangan non-smoking, kesan antik bersinergi dengan kesan modern, di mana kursi pipa bulat serta pesawat telepon dan pesawat radio ditempatkan bersama lampu gantung minimalis.

Biro Kopi

Jl. Ciliman No. 1C-2, Cikini, Jakarta Pusat

Senin-Jumat, 10.00-20.00 WIB

(bin/ika)

Penulis : Ika Nurhayati
Editor: Ika Nurhayati
Berita Terkait