Merangsang Pertumbuhan Syaraf Motorik Anak dengan Belajar Makeup

Redaksi | 5 Desember 2020 | 15:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Tumbuh kembang si Kecil selalu menjadi kejutan yang menakjubkan ya Moms. Ada beberapa tahap perkembangan pada si Kecil, salah satunya adalah perkembangan motoriknya. Nah, apakah Moms tahu apa itu perkembangan motorik?

Denrich Suryadi, M.Psi., Psikolog, dalam kesempatan Parenting Talk bersama Amara, menjelaskan tentang pentingnya merangsang perkembangan motorik anak sejak dini. Beliau menjelaskan, kemampuan motoric adalah kegiatan yang melibatkan anak menggunakan otot-otot dalam tubuhnya. Motorik anak dibagi menjadi dua, motorik kasar dan halus.

Motorik kasar adalah gerakan yang dilakukan anak melibatkan kelompok otot-otot besar, seperti lengan, kaki, betis, atau seluruh tubuh anak. Sedangkan motoric halus adalah gerakan motorik anak yang melibatkan otot-otot kecil dalam tubuh anak, seperti tangan, jari, dan pergelangan tangan. Nah ternyata untuk merangsangan motoric halus ini bisa dilakukan dengan hal-hal sederhana lho moms, salah satunya dengan bermain makeup dengan si Kecil. 

Berikut tips yang bisa Moms lakukan dirumah bersama si Kecil :

1. Untuk anak usaia 3 tahun, anak mulai belajar meniru orang lain dan menjadikan orang-orang terdekat atau sering dilihatnya sebagai idola. Khususnya untuk Moms yang punya anak perempuan, dia akan menirukan kegiatan yang moms lakukan, seperti misalnya berdandan. 

Jangan khawatir Moms, itu adalah hal yang wajar, justru ini bisa menjadi sarana pengembangan motoric si Kecil. Hal sederhana seperti caranya memegang aplikator makeup mini, mewarnai bibir dengan mini lipstick, mewarnai kelopak mata dengan eyeshadow, itu semua bisa menjadi media belajar untuk si Kecil. Namun, jangan lupa, Moms juga harus pastikan product yang digunakannya memang khusus untuk anak ya Moms. Moms bisa berikan Amara Kids Cosmetics, makeup yang formulanya khusus untuk anak-anak, sudah bersertifikasi dari Badan Pengawas Obat dan Makanan. 

2. Merangsang perkembangan motoric si Kecil juga bsia dilakukan dengan belajar mengenal berbagai warna dengan bermain kutek bersama si Kecil. Amara Nail Polish bisa menjadi pilihan tepat untuk ini. Amara Nail Polish ini sangat bervariasi warna nya, ajak si Kecil untuk memilih warna favoritnya sendiri. Moms bisa juga sambil melatih cognitive nya dengan engajarkan melakukan mix & match warna.

3. Yang terakhir, jangan lupa selalu ingatkan si Kecil untuk membersihkan muka kembali setelah ber-makeup. Walaupun terlihat sangat sepele, namun saat melakukan hal ini pun Moms bisa sambil melatih motoriknya dengan memutar kapas ke seluruh wajahnya setelah menggunakan makeup. Bantu si Kecil dalam membersihkan riasannya, dan momen ini Mommies juga bisa menanamkan tentang penting nya membersihkan muka hingga dewasa nanti. Jangan lupa gunakan pembersih muka yang aman pula untuk anak ya Moms, untuk Amara Kids Cosmetics, bisa langsung dibersihkan dengan air atau baby oil.

 

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait