4 Bahan Alami Ini Bisa Bikin Wajah Glowing

Rara Dwi Citra (magang) | 23 September 2021 | 07:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Kulit cerah, bersih dan berseri merupakan hal yang diinginkan oleh setiap orang, khususnya  kaum wanita. Tak heran saat ini banyak orang tidak ragu untuk mengeluarkan biaya yang cukup besar demi mendapatkan perawatan  berkualitas untuk wajah.

Tetapi, ternyata tak selalu harus merogoh kocek untuk merawat wajah. Anda bisa memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada di rumah atau sekitar kalian untuk membuat wajah jadi lebih kinclong dan glowing. Lebih aman juga, karena tanpa bahan kimia. Apa saja bahan alami yang bisa membantu merawat wajah hingga glowing? 

1. Air Beras
Air cucian beras yang biasanya dibuang begitu saja, ternyata memiliki kandungan untuk mencerahkan dan menyehatkan kulit wajah. Air beras ini mengandung vitamin A, vitamin C, flavonoid dan fenolic untuk meminimalisir racun terhadap kulit. Selain itu, air beras mempunyai kandungan oryzanol, yang berguna untuk menangkal radiasi dan sinar ultraviolet yang langsung terkena ke kulit wajah. Air beras ini bisa digunakan saat mencuci wajah atau mandi. Cara lainnya adalah air beras tersebut didiamkan selama 1 jam. Setelah itu, mendapatkan endapan dari air cucian tersebut. Endapan itu direbus selama 3 menit dan jadinya bertekstur kental. Lalu dioleskan ke wajah dan diamkan selama 15 menit serta bilas dengan air bersih.

2. Kopi dan Yoghurt
Saat ini banyak masyarakat menggunakan bubuk kopi dan yoghurt menjadi masker alami. Sering berada di dapur, bubuk kopi ini mempunyai manfaat untuk meregenerasi sel-sel kulit mati yang dapat mencegah penuaan dini. Dilansir dari Hellosehat.com, kopi juga dapat mengurangi resiko kanker kulit karena penggunaan produk tabir surya tersebut mengandung kafein secara rutin. Untuk mendukung pencerahan kulit, biasanya kopi dipadukan dengan yoghurt. Yoghurt dianggap dapat mencerahkan kulit dan menghilangkan noda bekas jerawat.  

3. Pepaya
Selain bermanfaat untuk melancarkan pencernaan, pepaya juga berfungsi untuk mencerahkan kulit secara alami. Kandungan enzim dan vitamin yang terkandung pada buah ini berperan untuk menghilangkan dan mengangkat sel kulit mati. Cara pemakaiannya, pepaya cukup dihaluskan dan dioleskan secara merata di permukaan wajah. Diamkan selama 10-15 menit dan bilas dengan air dingin. Jika diapakai secara rutin, kulit wajah dapat terasa cerah dan sehat kembali.

4. Lidah Buaya
Lidah buaya tidak hanya membuat rambut wangi dan tebal. Lidah buaya juga mempunyai manfaat untuk mencerahkan dan menyehatkan kulit wajah. Dilansir dari Halodo.com, lidah buaya mempunyai kandungan zat aloin yang dapat menghambat pembentukan melanin pada wajah sehingga wajah terasa kencang dan cerah. Untuk dapat hasil yag maksimal, pemakaian masker lidah buaya ini digunakan pada pagi hari dan malam hari.

Penulis : Rara Dwi Citra (magang)
Editor: Rara Dwi Citra (magang)
Berita Terkait