Jago Kungfu, Jet Li Pernah Diminta Jadi Pengawal Pribadi Presiden Amerika Serikat

Redaksi Selasa, 21 September 2021 06:00:23
Siapa sangka, aktor Jet Li ternyata pernah dilamar salah satu presiden Amerika Serikat untuk menjadi pengawal pribadi. (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Siapa sangka, aktor Jet Li ternyata pernah dilamar salah satu presiden Amerika Serikat untuk menjadi pengawal pribadi. Tawaran itu, tentu ditolaknya. Jika tidak, tentu saja ia tidak akan dikenal sebagai bintang silat kungfu ternama seperti sekarang ini. 

Ceritanya, ketika masih berusia 11 tahun, Jet Li bepergian ke Amerika Serikat bersama Tim Wushu Nasional Tiongkok. Terpilihnya Jet Li ke AS merupakan hal luar biasa, apalagi bagi seorang anak laki-laki berusia 11 tahun, mengingat sekitar 20 juta orang Tiongkok berlatih seni bela diri ini. Jet Li dan timnya kemudian mempertontonkan keahlian wushu-nya di Halaman Selatan Gedung Putih di depan Presiden Amerika Serikat kala itu, Richard Nixon.

Usai tampil, Jet Li kemudian berdiri di sebelah Henry Kissinger yang menjabat Sekretaris Negara. Selanjutnya, Jet Li diperkenalkan kepada Presiden Nixon yang sangat terkesan dengan keahliannya. Nixon lalu mencondongkan tubuh ke Li dan berkata, “Anak muda, kungfumu sangat mengagumkan! Bagaimana bila kamu menjadi pengawal saya ketika dewasa nanti?"

Jet Li saat bertemu dengan Richard Nixon. (Dok Chinesemartialstudies)
Jet Li saat bertemu dengan Richard Nixon. (Dok Chinesemartialstudies)

Tanpa basa-basi Jet Li cilik menjawab, “Tidak, saya tidak ingin melindungi individu mana pun. Ketika saya dewasa, saya hanya ingin membela satu miliar warga Tiongkok!”

Mendengar pernyataan Jet Li, ruangan itu menjadi sunyi senyap dan tidak ada yang tahu harus berkata apa sampai Kissinger berucap dengan keras, "Astaga, anak laki-laki yang begitu muda dan dia sudah berbicara seperti seorang diplomat!"

Nama Jet Li dikenal pecinta film Mandarin setelah membintangi Once Upon A Time In China (1991). Meski tampil plontos dan tubuh tidak terlalu tinggi, 166 cm, untuk ukuran artis idola, kelincahan Jet Li berwushu di depan kamera jadi daya tarik buat khalayak. Pemunculan berikutnya di film Fong Sai Yuk (1993) sebagai  Fong Sai Yuk, pemuda yang bandel tapi suka menolong, harus diakui makin menambah poin. Lakon-lakon heroik ini membentuk Jet Li jadi pahlawan baru bagi film kungfu Asia.


Penulis Redaksi
Editor Binsar Hutapea
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore