Selain Vicki Zhao, Nama Jet Li Disebut Masuk Daftar Hitam Pemerintahan China

Supriyanto Jumat, 3 September 2021 18:30:20
Selain Vicki Zhao, Nama Jet Li Disebut Masuk Daftar Hitam Pemerintahan China

TABLOIDBINTANG.COM - Setelah Vicki Zhao menghilang dan dikabarkan kabur ke Perancis karena diduga bermasalah dengan pemerintah, kini nama aktor bela diri, Jet Li disebut-sebut juga masuk dalam daftar orang yang bakal disingkirkan pemerintahan China.

Vicki Zhao atau Zhao Wei sempat jadi sorotan warga China lantaran film-film yang dibintangi dihapus dari platform video utama di Tiongkok. Pemeran Putri Huan Zhu itu mendadak lenyap dari semua pencarian di dunia maya. Termasuk karya-karyanya. 

Itu semua dilakukan atas perintah dari National Radio and Television Administration (NRTA) regulator hiburan yang dikelola oleh pemerintah Tiongkok.

Sampai sekarang belum diketahui jelas penyebab menghilangnya Vicky Zhou yang sudah bikin heboh, Namun masyarakat China banyak yang mengira ini berhubungan dengan konflik pemerintah dengan Jack Ma, pemilik saham Alibaba Pictures Group.

Dikutip dari The Strait Times, kabar soal Jet Li masuk daftar hitam pemerintah China bermula dari sutradara Tiongkok, Zhou Guogang, melalui platform Douyin, aplikasi TikTok versi China. Guogang mengatakan spekulasinya bahwa Jet Li akan menjadi aktor berikutnya yang akan diblokir oleh pemerintahan China.

Melalui Douyin, Zhou Guogang dikenal sebagai penyebar gosip-gosip artis di aplikasi Douyin. Zhou Guogang juga menyebutkan bahwa artis-artis yang pernah berfoto dengan Vicki Zhou seperti Huang Xiaoming dan aktris Li Bingbing, yang menghapus foto mereka dengan Zhao dari akun Weibo mereka.

"Cepat larikan diri. Bulan depan rumahmu mungkin saja runtuh," ucap Zhou Guogang memperingatkan Jet Li yang masuk dalam daftar tujuh artis yang akan diblokir.

Beberapa nama yang masuk daftar hitam pemerintah China tersebar luas di kalangan masyarakat, diduga berasal dari Administrasi Radio dan Televisi Nasional China mengenai pembatasan bagi artis-artis yang memegang kewarganegaraan asing.

Untuk Jet Li diketahui memegang kewarganegaraan Singapura, kemudian Liu Yifei (Amerika), Nicholas Tse (Kanada), Zhang Tielin (Inggris), Mark Chao (Kanada), Will Pan (Amerika), dan Wang Leehom (Amerika), sedangkan Vicki Zhou memegang kewarganegaraan Singapura namun memiliki kebun anggur di Bordeaux, Perancis.

(pri)


Penulis Supriyanto
Editor Suyanto Soemohardjo
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore