Kini Fasih, Jet Li Sebenarnya Baru Belajar Bahasa Inggris Ketika Berusia 35 Tahun

Binsar Hutapea Kamis, 21 Oktober 2021 11:30:51
Setelah lulus sekolah dasar di Tiongkok, Jet Li menuntut ilmu di sekolah wushu. (dok.IST)

TABLOIDBINTANG.COM - Jet Li, 58, merupakan superstar internasional. Jadi, mendengarnya berbicara dalam bahasa Inggris dengan fasih bukanlah hal yang mengherankan. Yang mengejutkan aktor laga yang berkewarganegaraan Sinagpura ini sebenarnya baru belajar bahasa Inggris ketika berusia 35 tahun!

Setelah lulus sekolah dasar di Tiongkok, Jet Li menuntut ilmu di sekolah wushu. Pada tahun 1982, ia memulai debutnya di film Shaolin Temple yang merupakan film seni bela diri pertama yang dibuat di daratan Tiongkok. Karier film kiat melejit setelah membintangi film produksi Hong Kong Once Upon a Time in China pada 1991.

Pada tahun 1998, Jet Li merambah ke Hollywood. Dia memulai debut film berbahsa Inggris pertamanya di Lethal Weapon 4 yang tayang pada 1998. Di sana ia memerankan karalter antagonis. Pada saat itu, Jet Li berusia 35 tahun dan ia sama sekali tidak bisa berbicara dalam bahasa Inggris. Dalam sebuah wawancara, Jet Li mengungkap dia menggunakan kartu abjad untuk menghafal semua 26 huruf alfabet Inggris, layaknya anak TK yang belajar bahasa Inggris.

Setelah lulus sekolah dasar di Tiongkok, Jet Li menuntut ilmu di sekolah wushu. (dok.IST)
Setelah lulus sekolah dasar di Tiongkok, Jet Li menuntut ilmu di sekolah wushu. (dok.IST)

Saat mempersiapkan audisi film Lethal Weapon 4, Jet Li menghafal enam halaman dialog naskah dengan cara mendengarkan rekaman temannya membaca skenario tersebut. Jet Li mengatakan dia mendengarkan rekaman itu sepanjang hari dan malam dan dia berlatih bahasa Inggrisnya dengan menghafal apa yang dikatakan temannya dalam rekaman itu.

Buat Jet Li tak jadi masalah mempelajari bahasa baru. Toh ia tipikal yang senang mempelajari sesuatu yang baru.

"Lethal Weapon 4 film Inggris pertama saya. Dan saya berperan sebagai orang jahat. Ini juga pertama kalinya aku berperan sebagai orang jahat. Dan banyak penonton dan reporter Asia tidak suka saya bertindak sebagai orang jahat. Tapi saya pikir saya ingin menjadi seorang aktor, saya ingin mencoba hal yang berbeda. Jadi, saat itu saya berbicara bahasa Inggris dengan tidak lancar sama sekali. Jadi, saya berperan sebagai orang jahat dan saya sangat suka belajar sesuatu dari produser besar Hollywood, sutradara, bintang...Saya pikir saya hanya seorang yang suka belajar," ungkapnya kepada CNN.

Kemampuan Jet Li untuk membaca dan melakukan wawancara dalam bahasa Inggris yang fasih sekarang ini adalah hasil dari kerja kerasnya selama bertahun-tahun. Bintang film internasional itu bersyukur atas semua kesulitan dan itu membuatnya sadar bahwa dia tidak harus membandingkan dirinya dengan orang lain dalam hidup, karena pada akhirnya musuh terbesar adalah dirinya sendiri.


Penulis Binsar Hutapea
Editor Ari Kurniawan
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore