Dikritik Netizen Indonesia, Brand Lokal yang Ikut Gekrafs Diapresiasi di Paris

Ari Kurniawan | 11 Maret 2022 | 21:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Sejumlah brand lokal yang bertolak ke Paris, Perancis, di tengah perhelatan Paris Fashion Show mendapatkan cibiran netizen Indonesia. Mereka dituding membodohi publik dan mendompleng perhelatan fashion tersebut.

Meskipun begitu, tidak sedikit pula apresiasi didapat brand yang menggelar fashion show di Paris. Salah satunya adalah Brand No Brand miliki desainer Venycha.

Venycha mengatakan penonton show-nya di sana kebanyakan warga lokal Paris. Para desainer dan influencer Paris pun menunjukkan antusiasnya pada baju-baju garapan Venycha.

"Kalau dibilang isinya orang Indonesia semua itu salah, isinya tuh designer, influencer dan masyarakat dari Paris. Brand aku aja diapresiasi sama designer sana, aku juga diajak meeting sama influencer sana," kata Venycha saat dihubungi awak media, Kamis (10/3).

"Kalau aku bisa bilang 70 persen yang datang di lokasi fashion show itu adalah warga lokal Paris, kita emang bawa KOL (Key Opinion Leader) agar acara ini bisa terdengar ke Indonesia ya," lanjutnya.

Bentuk apresiasi yang didapatkan Venycha adalah publikasi secara gratis. Influencer Paris banyak yang membeli produknya, kemudian mengunggah hal tersebut di Instagram mereka.

"Mereka beli, bahkan mereka sampai posting, bayar fee influencer sana kan lumayan loh. Tapi kita gak bayar mereka support," terangnya.

Senada dengan Venycha, Tika Ramlan sebagai pemilik brand Chayra juga merasakan hal serupa. Hingga hari ini, banyak orang yang membeli koleksi rancangannya hingga habis terjual.

Geprek Bensu, brand makanan yang ikut serta dalam rangkaian kegiatan di Paris bersama Gekrafs pun turut mendapatkan apresiasi. Brand tersebut berencana membuka cabang di Paris setelah sukses membangun di Amsterdam, Belanda.

Pencapaian tersebut merupakan bukti bahwa kegiatan Gekrafs menimbulkan efek positif bagi brand Tanah Air. Memang, tujuan utama Gekrafs adalah membantu local brand-UKM untuk banyak dan mudah mendapat peluang di pasar Eropa.

"Memang kita acaranya dari awal dari brand aku kalau ini adalah Paris Fashion Show, bisa cek di Instagram kami dari 28 Februari sudah naikin ke feed itu video kami udah bikin tulisannya Paris Fashion Show during Paris Fashion Week, mungkin brand lain kurang informasi aja," tutur Veny.

Seperti diketahui, Brand No Brand bersama deretan brand lokal lainnya mengikuti acara Paris Fashion Show during at Paris Fashion Week 2022 yang digelar oleh Gerakan Ekonomi Kreatif Nasional (Gekrafs). Gekrafs pun membuka temporary store di Paris bertempat di 51 Rue Turrene.

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait