5 Langkah Jadi Makeup Artist Profesional, dari Punya Alat Rias Hingga Bangun Portofolio

tabloidbintang.com | 31 Maret 2022 | 00:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Karier sejumlah makeup artist (MUA) alias penata rias artis profesional melambung. Bahkan, ada yang akun Instagramnya telah diverifikasi, jadi duta sejumlah produk kosmetik papan atas, dan dikenal publik. Ada lima langkah untuk jadi MUA profesional. Pertama, belajar dan sering berlatih. Kini, ada banyak pelatihan skill MUA termasuk dari ZenPro. Sebagai salah satu mitra Program Kartu Prakerja, kursus MUA ini bisa diakses gratis peserta kartu prakerja yang tertarik mendalami dunia rias wajah. Pelatihan skill MUA di ZenPro punya kurikulum praktis sekaligus komprehensif. Materinya meliputi riasan kasual, pesta, dan pernikahan, serta cara membangun karier sebagai MUA. Di awal dan akhir pelatihan, ada tes atau ujian.

Kedua, memiliki set alat make-up profesional. “Set alat make-up standar yang harus dimiliki yakni koper atau kotak kosmetik dengan lampu rias, kuas, beauty blender, eyebrow kit, palet eyeshadow, eyeliner, maskara, perona pipi, contouring dan highlighter, makeup fixer hingga berbagai pilihan lipstik,” ujar Trainer kursus ZenPro sekaligus MUA rias pernikahan, Cynthia Rahmadita, lewat siaran pers yang kami terima pekan ini.

Ketiga, membangun portofolio. Di tahap awal, Anda bisa menawarkan jasa MUA gratis untuk keluarga dan teman-teman terdekat. Hasilnya dapat diunggah ke medsos agar menarik klien-klien baru. Keempat, bangun network untuk mempromosikan jasa MUA. Anda bisa menghubungi beberapa wedding organizer untuk menawarkan jasa kerja sama, atau melamar di stasiun televisi yang membutuhkan. Kelima, jaga hubungan baik dan bersikap profesional.

Untuk mengikuti kursus pelatihan MUA gratis melalui program Prakerja, silakan buat akun ZenPro via aplikasi Android atau website ZenPro. Setelah itu, pilih kelas pelatihan yang ingin diikuti, serta mitra digital platform untuk memproses kelas pelatihan di ZenPro. “Kami ingin buktikan bahwa tidak ada kata terlambat untuk menambah pengetahuan, terlebih jika hal itu sejalan dengan passion yang dimiliki,” jelas AVP Marketing Lifelong (ZenPro), Ary Mozta.

Penulis : tabloidbintang.com
Editor: tabloidbintang.com
Berita Terkait