Kiat Sukses Reza Darmawan Jadi Miliarder di Usia Muda

Ari Kurniawan | 26 Mei 2023 | 22:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Dilahirkan dari keluarga sederhana, Reza Darmawan terbiasa untuk bekerja keras untuk mendapatkan apa yang ia inginkan. Pria asal Magelang, Jawa Tengah, ini bahkan membiayai sendiri sekolahnya hingga jadi tulang punggung keluarga. 

Prestasi demi demi prestasi yang dicapainya di dunia akademis akhirnya mengantarkan Reza pada kesuksesan. Pria 29 tahun ini kini menjadi seorang pengusaha sukses yang fokus berbisnis dan menjadi investor. 

Pria kelahiran Magelang ini pernah enam tahun menjadi eksekutif di perusahaan startup fintech, di antaranya pencetus PayLater Traveloka dan direksi di perusahaan fintech Fazz Financial, StraitsX. Ia juga founder dari perusahaan software platform bernama POST.app.

Kini, Reza fokus berbisnis di sektor riil terutama trading komoditas seperti distribusi daging, distribusi minyak diesel industri (solar), dan pengadaan. Selain itu, ia juga menjadi investor dengan mendirikan Hanglekiu Group, sebuah holding perusahaan private investment dengan total investasi setahun terakhir sekitar USD20 juta.

"Jiwa entrepreneurship saya dimulai dari SMA dengan berdagang dan membiayai biaya sekolah sendiri. Saya berdagang sepatu sandal dan katering sejak SMA. Bisa dibilang saya salah satu tulang punggung keluarga pasca orang tua pisah," cerita Reza kepada wartawan di Jakarta, baru-baru ini.

Reza jadi salah satu mahasiswa terbaik di ITB hingga mendapatkan beasiswa pertukaran pelajar ke luar negeri.

"Setelah lulus kuliah saya mengawali karier sebagai software sales di Singapura dan Kuala Lumpur. Ini juga saya mulai dari nol," papar pria kelahiran 29 April 1994 ini.

Sukses yang diraih Reza saat ini bukan tanpa tantangan. Bukan hanya sekali ia mengalami keterpurukan dalam berbisnis. Beruntung, ia memiliki semangat yang kuat untuk bangkit.

"Yang kita ambil hikmah dan pelajarannya, dari kegagalan pertama, kedua dan ketiga kalau nggak bangkit lagi ya hancur," beber penyuka olahraga ekstrim seperti surfing, diving, skateboard, snowboard dan crossfit ini.

Dengan semangat untuk bangkit inilah, perlahan ia berhasil kembali menjadi pengusaha sukses. Kini, lewat Hanglekiu Group yang dirintis bersama sahabatnya Rionaldo, dirinya mampu menjadi pengusaha sukses kembali. 

"Kuncinya menjadi pengusaha sukses adalah dengan terus mencari peluang dan memperluas network/jaringan. Jangan lupa, tetap jaga kepercayaan dan reputasi, dan selalu berani bermimpi diiringi dengan usaha maksimal," beber penggemar moge dan mobil sport ini.

Sebagai pengusaha, Reza kini juga aktif berorganisasi di Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI), Kamar Dagang Indonesia (KADIN), beberapa klub motor Harley Davidson dan klub Supercar.

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait