Head to Head Hingga Prediksi Perempat Final Piala Dunia 2022 Brasil vs Kroasia

| 9 Desember 2022 | 09:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Piala Dunia 2022 Qatar telah menjejak babak perempat final. Sebanyak delapan akan saling bentrok untuk memperebutkan tiket ke babak semifinal.

Perempat final pertama menyajikan laga antara Brasil vs Kroasia yang akan disiarkan langsung di Indosiar, SCTV, dan Vidio dari Lusail Iconic Stadium pada Jumat (9/12) malam. Ini pertemuan kelima kedua tim. Empat pertemuan sebelumnya berakhir dengan 3 kemenangan untuk Brasil dan 1 lainnya imbang.

Perjumpaan terakhir kedua tim terjadi dalam laga persahabatan 3 Juni 2018. Brasil yang diasuh Tite menekuk Kroasia dengan skor 2-0. Kedua gol Brasil dicetak oleh Neymar Jr (69') dan Roberto Firmino (93').

Total Tim Samba telah melesakkan 7 gol ke gawang Kroasia dan hanya kebobolan 2 gol. Laga Brasil vs Kroasia kali ini akan mempertaruhkan gengsi kedua tim. Kroasia sebagai runner up Piala Dunia, sementara Brasil juara terbanyak Piala Dunia.

Kroasia lolos perempat final usai menang atas Jepang lewat drama adu penalti di babak 16 besar. Kroasia yang sebagian besar dihuni muka-muka lama tak mampu memenangkan laga dalam waktu normal. 

Brasil lolos ke perempat final setelah melibas wakil Asia lainnya, Korea Selatan, dengan skor 4-1. Seluruh gol Brasil diborong pada babak pertama oleh empat pemain berbeda. Kemenangan atas Korea kemenangan ketiga Brasil di Piala Dunia 2022.

Kroasia patut mewaspadai penyerang Brasil asal klub Tottenham Hotspur, Richarlison yang telah mengoleksi 3 gol. Pergerakan serta penempatan posisinya kerap membuat bek lawan kebingungan. Dia juga memiliki kemampuan menggiring bola di atas rata-rata. 

Pemain Kroasia yang patut diwaspadai Brasil selain Luka Modric, adalah Ivan Perisic. Pemain Tottenham Hotspur itu merupakan pencetak gol tunggal ke gawang Jepang. Gol tersebut menjadikannya pemain keempat yang selalu mencetak gol pada tiga edisi Piala Dunia secara berturut-turut.

Rekor lainnya, Perisic menjadi pemain Kroasia pertama yang sudah mencetak sepuluh gol dalam ajang bergengsi dunia untuk tim nasional. Rekor buruk Brasil sejak kalah dari Jerman di final Piala Dunia 2002 harus dimanfaatkan pemain-pemain Kroasia.

Dalam 5 Piala Dunia terakhir sejak 2002, Brasil tak pernah menang dari wakil Eropa di fase gugur. Termasuk di 3 perempat final. Di 2006 kalah dari Prancis, 2010 ditekuk Belanda, dan 2018 disingkirkan Belgia. Akankah terulang kembali? 

Kroasia memiliki peluang besar untuk menang jika mampu memaksa Brasil hingga babak adu penalti. Maklum, Kroasia terkenal jago untuk urusan tos-tosan. Mereka selalu menang adu penalti di Piala Dunia. Apalagi di tim sekarang mereka punya tembok kokoh, Dominic Lovakovic yang mementahkan tembakan 3 algojo Jepang.

Prakiraan Susunan Pemain:

Kroasia (4-3-3): Livakovic; Juranovic, Lovren, Gvardiol, Sosa; Kovacic, Brozovic, Modric; Kramaric, Petkovic, Perisic

Brasil (5-2-4): Alisson; Militao, Thiago Silva, Marquinhos, Danilo; Casemiro, Paqueta; Raphinha, Neymar, Vinicius Jr; Richarlison

Penulis :
Editor:
Berita Terkait