TABLOIDBINTANG.COM -  Seiring perkembangan zaman, opsi persalinan kian beragam. Mulai dari persalinan normal hingga sesar.

Opsi persalinan sesar bisa jadi lebih diminati mengingat minimnya rasa sakit yang ditimbulkan.

Jika Anda tetap ingin bersalin secara normal namun minim rasa sakit, hypnobirthing layak dilirik.

Baca juga

Lanny Kuswandi (61), bidan sekaligus pelopor hypnobirthing di Indonesia menyebut bahwa melahirkan secara alami itu nyaman.

Menjadi bidan awalnya bukan cita-cita Lanny. Semula, ia bermimpi menjadi dokter. Karena kondisi keuangan keluarga kala itu kurang memadai, Lanny mengurungkan niatnya. Perempuan kelahiran 15 April ini melirik profesi bidan karena dirasa masih sejalan dengan dunia kedokteran.

Selain itu, biaya kuliah kebidanan lebih murah. Siapa sangka, dengan menjadi bidan, ia kini dikenal khalayak sebagai pelopor hypnobirthing di Indonesia.

Bagi Lanny, bidan bukan sekadar mata pencarian melainkan jalan hidup. Karenanya, Lanny tidak berpuas diri.

Pada 1999, ia belajar tentang hypnotherapy bersertifikasi yang dipandu oleh Dr. Hukom. Setahun kemudian, Lanny belajar dasar-dasar dan keuntungan hipnosis di bawah bimbingan dr. Tubagus Erwin Kusuma SpKJ. Erwin merupakan inspirator Lanny. 

Lanny Kuswandi, Pelopor Hypnobirthing di Indonesia (dok. Pribadi)
zoom

“Dia pernah bilang, ‘Kalau ingin menciptakan generasi yang lebih baik maka harus dimulai sejak dalam kandungan’. Sejak dalam kandungan, bayi dapat merasakan apa yang dirasakan ibunya. Kalau ibunya stres, anaknya stres juga. Bagaimana agar ibu relaks dan nyaman selama hamil? Saya pernah membaca penelitian tentang peran hypnobirthing, ternyata ia sangat membantu calon ibu dalam menghadapi kehamilan dan persalinan nanti. Itulah kenapa saya mendalami hypnobirthing,” papar istri M. Kuswandi itu kepada Bintang.

Demi memperdalam ilmu hypnobirthing, ia terbang ke Australia untuk mengikuti kursus berdasarkan metode dMarie F. Mongan yang diselenggarakan Peter Jackson pada 2002.

Berbekal sejumlah pelatihan yang diikutinya, Lanny mantap memperkenalkan sekaligus mengembangkan hypnobirthing di Indonesia. 

 

(ages / gur)